Ayu Candra, Novia (2012) Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Pesrta Didik dalam Mata Pelajaran Matematika Melalui Pemberian Penguatan (Reinforcement) Pesrta didik Kelas V MI Tarbiyatussibyan Boyolangu. [ Skripsi ]
Text
BAB I-BAB III.docx Download (113kB) |
|
Text
BAB IV- BAB V.docx Download (90kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.docx Download (36kB) |
|
Text
sampul.docx Download (125kB) |
|
Text
pendahuluan.docx Download (38kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa peserta didik kelas V MI Tarbiyatussibyan sering mengalami kebosanan dalam belajar matematika. Banyak pesrta didik yang menganggap bahwa matematika itu adalah pelajaran yang bikin stres, membuat pikiran bingung, menghabiskan waktu, dan cenderung hanya mengutak-atik rumus. Akibatnya, ketika pelajaran matematika di mulai pesrta didik sudah tidak bersemangat untuk mengikuti pelajaran tersebut. Sehingga prestasi belajar peserta didik kelas V MI Tarbiyatussibyan pada mata pelajaran matematika hanya terpaku pada nilai yang rendah. Rumusan masalah dalam penulisan skrips ini adalah (1) Bagaimana hasil penerapan strategi penguatan (reinforcement) dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran matematika kelas V MI Tarbiyatussibyan Boyolangu?; (2) Bagaimana hasil penerapan strategi penguatan (reinforcement) dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran matematika kelas V MI Tarbiyatussibyan Boyolangu? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dal hal ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan strategi penguatan (reinforcement) dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar pesrta didik pada mata pelajaran matematika kelas V MI Tarbiyatussibyan Boyolangu. Skripsi ini bermanfaat bagi guru untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam mengatasi masalah belajar. Bagi MI Tarbiyatussibyan Boyolangu sebagai bahan pertimbngan untuk menentukan arah kebijakan untuk membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik dan mutu sekolah. Bagi peserta didik hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran matematika. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, metode observasi, metode wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk memperoleh data berupa prestasi belajar peserta didik, metode observasi digunakan untuk memperoleh data berupa perkembangan motivsi peserta didik dalam proses pembelajaran. Metode wawancara digunakan untuk memperoleh data berupa situasi dan kondisi peserta didik kelas V MI Tarbiyatussibyan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakaan strategi pemberian penguatan (reinforcement) pada mata pelajaran matematika, ternyata prestasi belajar peserta didik meningkat. Ini terbukti dari hasil pre test (80), hasil post test siklus I (83,8), dan hasil post test siklus II (95,8). Motivasi belajar pesrta didik juga meningkat ini terbukti dari hasil observasi pada pre test (68,3%), siklus I (81,3%), dan pada siklus II (89,2%).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 28 Jan 2015 07:52 |
Last Modified: | 28 Jan 2015 07:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/937 |
Actions (login required)
View Item |