PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SEMPOA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BERHITUNG SISWA KELAS III SD ISLAM HASYIM ASY’ARI PIKATAN WONODADI BLITAR

UZA KHOLIDATUR ROHMAH, 1725143299 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SEMPOA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BERHITUNG SISWA KELAS III SD ISLAM HASYIM ASY’ARI PIKATAN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Uza Kholidatur Rohmah, 1725143299, Pengaruh Penggunaan Media Sempoa Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Berhitung Siswa Kelas III SD Islam Hasyim Asy’ari Pikatan Wonodadai Blitar. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci: Media Sempoa, Minat Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sulitnya mempelajari suatu operasi hitung, banyak siswa yang menganggap operasi hitung adalah sesuatu yang paling sulit dan menghabiskan banyak lembaran coretan untuk menghitungnya. Siswa juga beranggapan bahwa operasi hitung itu menjenuhkan karena selalu berhubungan dengan angka dan sukar.. Pembelajaran operasi hitung itu kurang menarik apabila tidak ada alat bantu/media sebagai penunjang pembelajarannya, dengan begitu pembelajaran akan serasa monoton. Kebanyakan pada proses Pembelajaran dikelas itu hanya terpusat pada guru, yakni guru yang berbicara dan siswa mendengarkan. Penyajian pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang menarik, sehingga siswa tidak berminat untuk belajar dan secara tidak langsung akan mempengaruhi hasil belajarnya. Sehingga peneliti melakukan penelitian terkait penggunaan media sempoa sebagai alat bantu berhitung untuk mengetahui pengaruhnya terhadap minat dan hasil belajar berhitung siswa. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh penggunaan media sempoa terhadap minat belajar berhitung siswa kelas III SD Islam Hasyim Asy’ari Pikatan Wonodadi Blitar. (2) Untuk menjelaskan pengaruh penggunaan media sempoa terhadap hasil belajar berhitung siswa kelas III SD Islam Hasyim Asy’ari Pikatan Wonodadi Blitar. (3) Untuk menjelaskan pengaruh penggunaan media sempoa terhadap minat dan hasil belajar berhitung siswa kelas III SD Islam Hasyim Asy’ari Pikatan Wonodadi Blitar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji t angket minat diperoleh nilai Sig < 0,05 yaitu 0,002 < 0,05 sehingga ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan media sempoa terhadap minat belajar berhitung siswa kelas III SD Islam Hasyim Asy’ari Pikatan Wonodadi Blitar, (2) Hasil uji t nilai hasil belajar diperoleh nilai Sig < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 sehingga ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan media sempoa terhadap hasil belajar berhitung siswa kelas III SD Islam Hasym Asy’ari Pikatan Wonodadi Blitar, (3) Hasil uji Anova 2 jalur (Manova) angket minat dan hasil belajar diperoleh nilai Sig < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 sehingga ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan media sempoa terhadap minat dan hasil belajar berhitung siswa kelas III SD Islam Hasyim Asy’ari Pikatan Wonodadi Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143299 UZA KHOLIDATUR ROHMAH
Date Deposited: 23 Oct 2018 02:13
Last Modified: 23 Oct 2018 02:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9625

Actions (login required)

View Item View Item