LUISA ARI PUSPITASARI, 17206153032 (2019) PENERAPAN METODE TANYA JAWAB UNTUK PENGENALAN AKSARA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK DHARMAWANITA 1 BATANGSAREN KAUMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (165kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (121kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (128kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (136kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (42kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (131kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Penerapan Metode Tanya Jawab untuk Pengenalan Aksara pada Anak Usia 4-5 tahun di TK Dharmawanita 1 Batangsaren ” ini ditulis oleh Luisa Ari Puspitasari, NIM. 17206153032 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, IAIN Tulungagung. Pembimbing: Dita Hendriani, M.A. Kata kunci: Metode Tanya Jawab, Pengenalan Aksara, Anak Usia 4-5 tahun. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh metode tanya jawab untuk pengenalan aksara (huruf) untuk anak usia 4-5 tahun. Dengan menggunakan metode pembelajaran ini anak-anak dapat belajar lebih aktif karena adanya interaksi antara guru dan murid. Anak-anak dikenalkan dengan garis terlebih dahulu kemudian dikenalkan huruf vokal, huruf konsonan dan suku kata. Maka diperlukan dalam pembelajaran yaitu metode tanya jawab untuk pengenalan aksara (huruf). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apa itu pengertian metode tanya jawab untuk pengenalan aksara pada anak usia 4-5 tahun di TK Dharmawanita 1 Batangsaren? (2) Bagaimana media dan langkah-langkah untuk pengenalan aksara pada anak usia 4-5 tahun di TK Dharmawanita 1 Batangsaren? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan secara detail tentang pengertian metode tanya jawab untuk pengenalan aksara pada anak usia 4- 5 tahun di TK Dharmawanita 1 Batangsaren.(2)Untuk mengetahui media dan langkah-langkah pengenalan aksara pada anak usia 4-5 tahun di TK Dharmawanita 1 Batangsaren. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Sekolah TK Dharmawanita 1 Batangsaren, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan peningkatan mutu pengajaran, bagi para guru TK Dharmawanita 1 Batangsaren sebagai dasar untuk melakukanpembinaan bagi anak-anak. Untuk anak-anak TK Dharmawanita 1 Batangsaren sebagai kajian untuk keaktifan dalam belajar di sekolah. Bagi peneliti/pembaca lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup bagi peneliti lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Paparan data dan analisis data yang dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan cara pengujian Credibility, pengujian Transferability, Pengujian Depenability, dan pengujian Confirmability. Hasil dari paparan data penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode tanya jawab untuk pengenalan aksara pada anak usia 4-5 tahun adalah anak dapat memecahkan masalah dalam hal pertanyaan dari guru yang diterima oleh murid. Dengan menerapkan metode tanya jawab anak-anak jadi lebih aktifdan juga berani berpendapat tentang pengenalan aksara (huruf). Selain itu anak anak setelah mengenal huruf anak-anak juga bisa membaca dan menulis.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 17206153032 LUISA ARI PUSPITASARI |
Date Deposited: | 11 Sep 2019 06:59 |
Last Modified: | 11 Sep 2019 06:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13091 |
Actions (login required)
View Item |