PENGARUH MOTIVASI BACA TERHADAP KEMAMPUAN MERESEPSI PUISI SISWA KELAS VIII SMPN 01 NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

DIAN NORITA, 17210153005 (2019) PENGARUH MOTIVASI BACA TERHADAP KEMAMPUAN MERESEPSI PUISI SISWA KELAS VIII SMPN 01 NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul Pengaruh Motivasi Baca terhadap Kemampuan Meresepsi Puisi Siswa kelas VIII SMPN 01 Ngunut Kab. Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019, Skripsi, Jurusan Tarbiyah Bahasa Indonesia, Fakultas Ilmu Tarbiyah, IAIN Tulungagung, 2019. Kata Kunci : Motivasi, Puisi, Bahasa Indonesia Penelitian ini dilatar belakangi bahwa motivasi siswa dalam tingkat motivasi baca dalam dunia pendidikan masih tergolong rendah. Selain itu lingkungan yang kurang mendukung untuk budaya membaca. Hal ini tentunya akan berdampak pada pengalaman yang di dapat siswa di sekolah seakan tidak bermakna secara utuh untuk di aktualisasikan dalam bermasyarakat. Budaya membaca akan menjadi faktor yang penting dalam belajar, diantaranya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada aspek memahami karya sastra. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh motivasi intrinsik terhadap kemampuan meresepsi puisi siswa kelas VIII SMPN 01 Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019? (2) Apakah ada pengaruh motivasi ekstrinsik terhadap kemampuan meresepsi puisi siswa kelas VIII SMPN 01 Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII di SMPN 01 Ngunut Kabupaten Tulungagung. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner), dokumentasi, dan observasi. Data yang dikumpulkan di analisis secara statistik dengan teknik deskriptif persentase dan dilanjutkan dengan analisis uji ANOVA untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel X ( bebas ) terhadap Y ( terikat ) dalam penelitian. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh antara motivasi intrinsik terhadap kemampuan meresepsi puisi siswa kelas VIII SMPN 01 Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2018/201 9. Hal ini dapat dibuktikan dengan analisis statistik F-tabel≥ F-hitung (6,415 ≥ 2,658), sehingga Ha diterima dan Ho mengalami penolakan (2) Ada pengaruh antara motivasi ekstrinsik terhadap kemampuan meresepsi puisi siswa kelas VIII SMPN 01 Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. Hal ini dapat dibuktikan dengan analisis statistik F-tabel≥ F-hitung (3,632 ≥ 2,658), sehingga Ha diterima dan Ho mengalami penolakan. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian, direkomendasikan: (1) Tingkat motivasi secara intrinsik dan ekstrinsik dalam pembelajaran di kelas perlu ditumbuhkembangkan untuk memperoleh hasil belajar yang optimal. (2) Untuk memperoleh pembelajaran yang optimal di dalam kelas, pendidik harus mampu memiliki strategi dan metode ajar yang berbasis inovatif untuk dapat meningkatkan motivasi belajar siswa secara komprehensif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: DIAN NORITA 17210153005
Date Deposited: 07 Aug 2020 03:15
Last Modified: 02 Jun 2021 03:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15954

Actions (login required)

View Item View Item