DIAN NORITA, 17210153005 (2019) PENGARUH MOTIVASI BACA TERHADAP KEMAMPUAN MERESEPSI PUISI SISWA KELAS VIII SMPN 01 NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (546kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (506kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (728kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (109kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul Pengaruh Motivasi Baca terhadap Kemampuan Meresepsi Puisi Siswa kelas VIII SMPN 01 Ngunut Kab. Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019, Skripsi, Jurusan Tarbiyah Bahasa Indonesia, Fakultas Ilmu Tarbiyah, IAIN Tulungagung, 2019. Kata Kunci : Motivasi, Puisi, Bahasa Indonesia Penelitian ini dilatar belakangi bahwa motivasi siswa dalam tingkat motivasi baca dalam dunia pendidikan masih tergolong rendah. Selain itu lingkungan yang kurang mendukung untuk budaya membaca. Hal ini tentunya akan berdampak pada pengalaman yang di dapat siswa di sekolah seakan tidak bermakna secara utuh untuk di aktualisasikan dalam bermasyarakat. Budaya membaca akan menjadi faktor yang penting dalam belajar, diantaranya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada aspek memahami karya sastra. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh motivasi intrinsik terhadap kemampuan meresepsi puisi siswa kelas VIII SMPN 01 Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019? (2) Apakah ada pengaruh motivasi ekstrinsik terhadap kemampuan meresepsi puisi siswa kelas VIII SMPN 01 Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII di SMPN 01 Ngunut Kabupaten Tulungagung. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner), dokumentasi, dan observasi. Data yang dikumpulkan di analisis secara statistik dengan teknik deskriptif persentase dan dilanjutkan dengan analisis uji ANOVA untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel X ( bebas ) terhadap Y ( terikat ) dalam penelitian. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh antara motivasi intrinsik terhadap kemampuan meresepsi puisi siswa kelas VIII SMPN 01 Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2018/201 9. Hal ini dapat dibuktikan dengan analisis statistik F-tabel≥ F-hitung (6,415 ≥ 2,658), sehingga Ha diterima dan Ho mengalami penolakan (2) Ada pengaruh antara motivasi ekstrinsik terhadap kemampuan meresepsi puisi siswa kelas VIII SMPN 01 Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. Hal ini dapat dibuktikan dengan analisis statistik F-tabel≥ F-hitung (3,632 ≥ 2,658), sehingga Ha diterima dan Ho mengalami penolakan. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian, direkomendasikan: (1) Tingkat motivasi secara intrinsik dan ekstrinsik dalam pembelajaran di kelas perlu ditumbuhkembangkan untuk memperoleh hasil belajar yang optimal. (2) Untuk memperoleh pembelajaran yang optimal di dalam kelas, pendidik harus mampu memiliki strategi dan metode ajar yang berbasis inovatif untuk dapat meningkatkan motivasi belajar siswa secara komprehensif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | DIAN NORITA 17210153005 |
Date Deposited: | 07 Aug 2020 03:15 |
Last Modified: | 02 Jun 2021 03:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15954 |
Actions (login required)
View Item |