AMALIA SHAHROINI, 17201163106 (2020) STRATEGI GURU FIQH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SESUAI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK DI MA UNGGULAN BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Fiqh dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Sesuai Gaya Belajar Peserta Didik di MA Unggulan Bandung Tulungagung” ditulis oleh Amalia Shahroini, NIM. 17201163106, pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci : Strategi Guru, Pemahaman Materi, Gaya Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh keanekaragaman gaya belajar yang dimiliki oleh peserta didik. Guru harus mengetahui gaya belajar yang dimiliki oleh setiap peserta didik. Keanekaragaman gaya belajar ini menuntut guru untuk menggunakan strategi yang tepat dalam proses pembelajaran agar peserta didik dapat memahami materi yang telah disampaikan oleh guru. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru Fiqh dalam meningkatkan pemahaman materi peserta didik yang bergaya belajar visual di MA Unggulan Bandung Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru Fiqh dalam meningkatkan pemahaman materi peserta didik yang bergaya belajar audio di MA Unggulan Bandung Tulungagung? (3) Bagaimana strategi guru Fiqh dalam meningkatkan pemahaman materi peserta didik yang bergaya belajar kinestetik di MA Unggulan Bandung Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan strategi guru Fiqh dalam meningkatkan pemahaman materi peserta didik yang bergaya belajar visual di MA Unggulan Bandung Tulungagung (2) Untuk mendeskripsikan strategi guru Fiqh dalam meningkatkan pemahaman materi peserta didik yang bergaya belajar audio di MA Unggulan Bandung Tulungagung (3) Untuk mendeskripsikan strategi guru Fiqh dalam meningkatkan pemahaman materi peserta didik yang bergaya belajar kinestetik di MA Unggulan Bandung Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamatan, triangulasi, pengecekan teman sejawat, dan mengadakan membercheck. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa :strategi guru Fiqh dalam meningkatkan pemahaman materi terhadap peserta didik yang bergaya belajar visual adalah melakukan pendekatan terhadap peserta didik, pemberian motivasi kepada peserta didik agar tertarik mengikuti kegiatan belajar mengajar, mereview ulang materi yang telah disampaikan sebelumnya, menggunakan metode berupa ceramah, resitasi, dan kelompok. Strateginya yaitu: menuliskan materi di papan tulis kemudian menjelaskannya, menjaga suasana kelas agar tetap kondusif, dan memberikan tugas untuk meresum. Strategi guru terhadap peserta didik yang memiliki gaya belajar audio berupa: membentuk kelompok kecil untuk mendiskusikan materi. Menggunakan metode: ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Strategi guru terhadap peserta didik yang memiliki gaya belajar kinestetik yaitu:menjelaskan teorinya terlebih dahulu kepada peserta didik kemudian mempraktikkannya. Metodenya berupa demonstrasi dan ceramah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163106 AMALIA SHAHROINI |
Date Deposited: | 21 Sep 2020 06:21 |
Last Modified: | 21 Sep 2020 06:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16603 |
Actions (login required)
View Item |