NUR HIKNI ROFIQOTUL A’LA, 17306163101 (2020) EFEKTIFITAS PELATIHAN DUTA EMPATI TERHADAP PENINGKATAN SIKAP EMPATI SISWA DI KELAS VII MTSN 2 PROBOLINGGO. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (2MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul Efektivitas Pelatihan Duta Empati terhadap peningkatan Sikap Empati Siswa di Kelas VII MTsN 2 Probolinggo, ditulis oleh Nur Hikni Rofiqotul A’la, dibimbing oleh Mirna Wahyu Agustina, M.Psi. Kata Kunci: Duta; Efektivitas; Empati; Pelatihan; Sikap. Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya tingkat sikap empati siswa, khususnya antar sesama teman di kelas. Hal ini dipengaruhi oleh rasa individualistik dan mau menang sendiri. Adapun melalui latar belakang tersebut, terdapat dua rumusan masalah utama yakni: 1) Bagaimana tingkat empati duta empati siswa/i kelas VII MTsN 2 Kabupaten Probolinggo? 2) Apakah pelatihan empati terhadap duta empati efektif untuk meningkatkan empati siswa di kelas VII MTsN 2 Kabupaten Probolinggo? Metode yang digunakan adalah metode penelitian jenis kuantitatif. Yang mana jenis penelitian ini berbentuk angka untuk menguji suatu hipotesis. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah jenis pendekatan analisis deskriptif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah 240 siswa. Namun pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Merupakan metode pengambilan sampel dengan memilih siswa langsung dibantu oleh guru bimbingan konseling di sekolah. Jumlah sampel yang dipilih adalah 16 siswa. Hasil akhirnya, menunjukan bahwa hasil Tingkat sikap empati siswa kelas VII MTsN Probolinggo yang dilihat melalui hasil pre test yang telah dilakukan oleh peneliti kepada duta empati diketahui bahwa 16 duta empati memiliki ratarata tingkat empati rendah. Tingginya hasil presentasi dari penelitian ini dibuktikan dengan uji Independent Sampel T Test yaitu diperoleh hasil nilai t vii hitung sebesar 23.505 > ttable sebesar 2,145 dengan signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 sehingga H 0 ditolak dan H a diterima yang berarti ada perbedaan rata-rata antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Selain itu berdasarkan analisis dari tabel diketahui bahwa nilai mean kelas eksperimen sebesar 130,25 lebih besar ketimbang pada kelas kontrol yang hanya sebesar 77,38 dan dari uji N-Gain Score diketahui bahwa nilai N-Gain Score untuk kelompok eksperimen 232,3458% termasuk dalam kategori efektif. Dengan nilai N-Gain Score minimal 207,14% dan maksimal 285,71%. Sementara untuk rata-rata N-Gain Score untuk kelas kontrol adalah sebesar -1, 4389% termasuk dalam katergori kurang efektif. Dengan nilai N-Gain Score minimal -33,33% dan maksimal 42,86%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | S1 17306163101 Nur Hikni Rofiqotul A’la |
Date Deposited: | 13 Jan 2021 07:35 |
Last Modified: | 26 Mar 2021 07:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17615 |
Actions (login required)
View Item |