USRIYA ISNAINI, 17201163351 (2020) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs MIFTAHUL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (997kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (584kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (508kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (331kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (556kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (408kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (402kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fiqih di MTs Miftahul Huda Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Usriya Isnaini, Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM. 17201163351, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Tahun 2020 dibimbing oleh Bapak Dr. H. Masduki, M. Ag. Kata Kunci: Strategi Guru, Kualitas Belajar, Fiqih Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh strategi guru pendidikan agama Islam sebagai bagian yang terpenting dari suatu lembaga pendidikan. Oleh karena itu dalam menjalankan peran dan memiliki kompetensi juga merupakan sebagai upaya yang dilakukan, strategi yang tepat juga berpengaruh pada terlaksananya tujuan yang ingin dicapai, tujuan disini tentu untuk meningkatkan kualitas belajar peserta didik. Fokus penelitian ini adalah: (1 ) Bagaimana langkah strategi guru PAI dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik mata pelajaran fiqih di MTs Miftahul Huda Bandung Tulungagung? (2) Bagaimana hambatan strategi guru PAI dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik mata pelajaran fiqih di MTs Miftahul Huda Bandung Tulungagung? (3) Bagaimana dampak strategi guru PAI dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik mata pelajaran fiqih di MTs Miftahul Huda Bandung Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan langkah strategi guru PAI dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik mata pelajaran fiqih di MTs Miftahul Huda Bandung Tulungagung, (2) Untuk mendeskripsikan hambatan strategi guru PAI dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik mata pelajaran fiqih di MTs Miftahul Huda Bandung Tulungagung, (3) Untuk mendeskripsikan dampak strategi guru PAI dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik mata pelajaran fiqih di MTs Miftahul Huda Bandung Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan yaitu primer dan sekunder, sumber data primer meliputi guru fiqih dan peserta didik yang ada di MTs Miftahul Huda Bandung Tulungagung, sedangkan sumber data sekuder yaitu dengan dokumentasi. Dalam teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Selanjutnya pengecekan keabsahan data dengan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan akhirnya menghasilkan suatu kesimpulan sebagai berikut: (1) Langkah strategi guru PAI dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik mata pelajaran fiqih di MTs Miftahul Huda Bandung Tulungagung yaitu menggunakan strategi ekspositori. Adapun langkah strategiekspositori yaitu langkah persiapan, penyajian, korelasi, menyimpulkan, dan penerapan. Adapun guru menyampaikan pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, praktek, diskusi serta penguatan motivasi kepada peserta didik. (2) Hambatan strategi guru PAI dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik mata pelajaran fiqih di MTs Miftahul Huda Bandung Tulungagung adalah daya tangkap yang berbeda, karakter yang beragam, sikap dan perilaku yang kurang mematuhi peraturan, sarana prasarana kurang memadai, kurangnya kesadaran belajar dan meletakan jadwal mata pelajaran fiqih di akhir jam. (3) Dampak strategi guru PAI dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik mata pelajaran fiqih di MTs Miftahul Huda Bandung Tulungagung berdampak positif yaitu bagi peserta didik lebih mudah memahami materi yang di sampaikan oleh guru sehingga mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari seperti sholat 5 waktu, melatih keterampilan, toleransi, berani menyampaikan pendapat, percaya diri, bertanggung jawab, semangat belajar peserta didik meningkat, dan peserta didik mendapat nilai yang memuaskan. Bagi guru juga akan merasa puas karena mampu melaksanakan kewajibannya dengan baik terbukti kualitas belajar peserta didik semakin membaik. Bagi Madrasah akan dipandang baik sehingga mendapat kepercayaan dari masyarakat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163351 USRIYA ISNAINI |
Date Deposited: | 09 Mar 2021 02:22 |
Last Modified: | 03 May 2021 02:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19102 |
Actions (login required)
View Item |