PEMANFAATAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDI AL- HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG

ILMA AINUS SHOFA, 12205173144 (2021) PEMANFAATAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDI AL- HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (977kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (605kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pemanfaatan Media Video Pembelajaran Tematik Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta didik di SDI Al- Hidayah Samir Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Ilma Ainus Shofa, NIM. 12205173144, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah pembimbing Muhammad Ridhlo Al Qodri Sri Utomo, MA. kata kunci: Pemanfaatan Media Video, Pembelajaran Tematik, kesulitan Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelajaran tematik yang merupakan pelajaran pokok dan dianggap penting. Dalam fenomena, pembelajaran tematik dianggap pembelajaran sulit bagi peserta didik karena minat terhadap pembelajaran tematik rendah, sehingga kesulitan yang dihadapi siswa merupakan akibat kurangnya pemahaman pembelajaran tematik yang disampaikan oleh guru. Oleh karena itu, peneliti meneliti pemanfaatan media video dalam pembelajaran tematik siswa akan lebih mudah memahami materi Fokus penelitian ini adalah: 1) Apa saja faktor penyebab kesulitan pembelajaran tematik belajar peserta didik kelas 1 di SDI Al- hidayah Samir Ngunut Tulungagung? (2)Bagaimana perencanaan media video pembelajaran tematik dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas 1 di SDI Al- hidayah Samir Ngunut Tulungagung? (3)Bagaimana pelaksanaan media video pembelajaran tematik dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas 1 di SDI Al- hidayah Samir Ngunut Tulungagung? Lokasi penelitian terletak di SDI Al- Hidayah Samir Ngunut Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan ketekunan pengamatan, pemeriksaan teman sejawat dan triangulasi. Tahap- tahap penelitian yang digunakan adalah tahap pra- lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data dan tahap penulisan laporan. Hasil penelitiannya yang dilakukan di SDI Al- Hidayah Samir Ngunut Tulungagung adalah (1) kesulitan belajar yang dilakukan peserta didik karena kurangnya dukungan faktor keluarga, peserta didik yang belum bisa membaca dan menulis, kurangnya konsentrasi dalam belajar (2) Sebelum membuat media guru memerlukan perencanaan dalam membuat video seperti karakteristik pemilihan media video sesuai tema dan RPP (3) Dengan penerapan media video pembelajaran dapat membantu peserta didik dalam mengatasi kesulitan belajar khususnya pada pembelajaran tematik pada tema lingkungan rumahku, sehingga peserta didik bersemangat dalam proses pembelajarannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173144 ILMA AINUS SHOFA
Date Deposited: 07 Sep 2021 02:02
Last Modified: 07 Sep 2021 02:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21860

Actions (login required)

View Item View Item