ZULIANA, WAFI (2011) KONSEP PROFESIONALISME GURU DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. [ Skripsi ]
Text
BAB 1.docx Download (48kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (64kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (45kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (52kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (18kB) |
|
Text
COVER 1 WAFRET.docx Download (590kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.docx Download (22kB) |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh keberhasilan pendidikan sebagian besar ditentukan oleh mutu profesionalisme seorang guru. tugas guru dalam mendidik merupakan tugas yang amat berat. Perlu adanya syarat-syarat tertentu untuk mencapai tahap profesional. Maka dalam hal ini peneliti akan mengurikan tentang konsep profesionalisme guru dalam pendidikan Islam. Yang mana mutu profesional guru amatlah sangat penting demi kemajuan pendidikan. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana konsep guru dalam pendidikan? (2) Bagaimana konsep profesionalisme guru secara umum? (3) Bagaimana konsep profesionalisme guru dalam perspektif pendidikan Islam? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah Untuk mengetahui Konsep guru dalam pendidikan, untuk mengetahui Konsep profesionalisme guru secara umum, untuk mengetahui Konsep profesionalisme guru dalam perspektif pendidikan Islam. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan tentang profesionalisme guru secara umum maupun profesionalisme guru dalam perspektif Islam. Hasil kajian ini dimaksudkan agar bermanfaat untuk pengembangan khasanah keilmuan serta sebagai bahan rujukan dan tambahan pustaka pada perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Tulungagung. Dan diharapkan akan mendorong para peneliti atau penulis lain untuk mengkaji hal tersebut secara lebih mendalam. Bagi para pembaca, mahasiswa, pendidik maupun instansi pendidikan diharapkan dapat untuk lebih memahami lebih dalam lagi tentang mutu guru di Indonesia sekarang ini. Dengan harapan pendidikan kita kelak menjadi pendidikan yang bisa dibanggakan, dengan adanya guru profesional. Dalam penelitian ini digunakan Metode Dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, transkip buku-buku, surat kabar, dan sebagainya. Kemudian analisis data menggunakan Deskriptif Analisis, metode ini mencoba untuk menganalisis teori dan pemahaman dari suatu realita atau kenyataan untuk mendapatkan data secara logis dan memberikan informasi yang akurat. Setelah penulis mengadakan penelitian kajian dengan metode di atas, memperoleh hasil bahwa: (1) Guru dalam Islam adalah orang yang bertanggung jawab terhadap perkembangan anak didik dengan mengupayakan seluruh potensinya, baik potensi afektif, potensi kognitif, maupun potensi psikomotorik. (2) profesionalisme guru adalah guru yang mampu melaksanakan tugas keguruanya dengan kemampuan tinggi sebagai sumber kehidupan dan ada komitment untuk selalu meningkatkan kemampuan dalam profesi keguruanya. (3) Profesionalisme guru dalam Islam harus dilakukan sebagai pengabdian kepada dua obyek: Pertama pengabdian kepada Allah dan Kedua sebagai pengabdian atau dedikasi kepada manusia.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 21 Sep 2015 02:43 |
Last Modified: | 21 Sep 2015 02:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2308 |
Actions (login required)
View Item |