STRATEGI PIMPINAN BMT DALAM MENGEMBANGKAN SDM TERHADAP KINERJA KARYAWAN MARKETING DI BMT PAHLAWAN DAN BMT MUAMALAH TULUNGAGUNG

DESI RATNASARI, 12401173371 (2021) STRATEGI PIMPINAN BMT DALAM MENGEMBANGKAN SDM TERHADAP KINERJA KARYAWAN MARKETING DI BMT PAHLAWAN DAN BMT MUAMALAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pimpinan BMT dalam Mengembangkan SDM Terhadap Kinerja Karyawan Marketing di BMT Pahlawan dan BMT Muamalah Tulungagung” di tulis oleh Desi Ratnasari, NIM. 12401173371, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung dibimbing oleh Refki Rusyadi, M.Pd.I. Persaingan usaha di bidang perbankan syariah semakin ketat, sehingga membutuhkan kinerja yang baik dalam hal meningkatkan kualitas pelayanan ataupun produk yang diberikan. Maka perusahaan di haruskan untuk mencari jalan atau cara usaha yang lebih efektif dan lebih efisien dengan membuat strategi agar mampu mengembangkan sumber daya manusia (SDM) agar dapat bersaing dengan sehat. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui strategi pimpinan BMT dalam mengembangkan SDM dengan cara menambah wawasan literasi/ ilmu marketing untukomeningkatkan kinerja karyawan marketing di BMT Pahlawan dan BMT Muamalah Tulungagung, 2) Untuk mengetahui strategi pimpinan BMT dalam mengembangkan SDM melalui peningkatan keterampilan untuk meningkatkan kinerja karyawan marketing di BMT Pahlawan dan BMT Muamalah Tulungagung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini bertempat di BMT pahlawan Tulungagung dan BMT Muamalah Tulungagung. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dari wawancara langsung terhadap narasumber. Teknik pengecekan data meliputi perpanjang kehadiran, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Strategi pimpinan BMT dalam mengembangkan sumber daya manusia melalui peningkatan pengetahuan untuk meningkatkan kinerja karyawan marketing BMT Pahlawan dan BMT Muamalah Tulungagung yaitu dilakukan dengan cara melalui metode pendidikan yaitu Coaching and Conselling yaitu memberikan pengetahuan dengan cara mengajarkan langsung kepada karyawan dan mendiskusikan keahlian yang dimiliki karyawannya dan Classroom methods yaitu latihan yang dilakukan didalam kelas dan digunakan sebagai metode pendidikan seperti seminar dan pelatiahan. 2) Strategi yang dilakukan pimpinan BMT untuk meningkatkan keterampilan karyawannya dilakukan dengan 2 metode Metode off the job training yaitu memberikan pelatihan kepada semua karyawan dan Metode on the job training yaitu memberikan pemahaman terkait pekerjaannya dengan mengerjakan secara langsung atau terjun langsung ke lapangan. Kata Kunci: Strategi, Kinerja Karyawan, Baitul Maal Wa Tamwil (BMT)

Item Type: Skripsi
Subjects: Kepemimpinan
Kinerja Pegawai
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 12401173371 Desi Ratnasari
Date Deposited: 13 Dec 2021 00:58
Last Modified: 13 Dec 2021 00:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23485

Actions (login required)

View Item View Item