ALIFAH DARIN ROSYIDAH, 12205173013 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (686kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (175kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung Tahun Pelajaran 2020/2021” ini ditulis oleh Alifah Darin Rosyidah NIM 12205173013, Dosen Pembimbing Dr. H. Zaini Fasya, S.Ag, M.Pd.I. Kata Kunci: Model Pembelajaran Quantum Teaching, Minat, Hasil Belajar Penelitian ini membahas tentang model pembelajaran quantum teaching, yaitu pengubahan belajar peserta didik yang meriah dan menyenangkan, dengan segala nuansanya. Kajian penelitian ini dilatar belakangi berbagai permasalahan dalam pembelajaran Fiqih pada kelas V di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tahun Pelajaran 2020/2021, salah satunya yaitu guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Kurangnya upaya guru untuk menghidupkan suasana kelas menyebabkan kurangnya minat dan semangat peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehigga mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu guru benar-benar harus memiliki pengetahuan dan ketrampilan mengenai model pembelajaran yang efektif dan bermakna sehingga dapat menumbuhkan minat peserta didik yang nantinya akan berpengaruh pada hasil belajar peserta didik salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran quantum teaching. Tujuan dalam penelitian ini ialah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung Tahun Pelajaran 2020/2021 (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung Tahun Pelajaran 2020/2021 (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap minat dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan ialah metode penelitian eksperimen jenis quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas V MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 48 peserta didik. dalam pengambilan sampel digunakan sampling nonprobality sampling dengan jenis sampling jenuh, yaitu kelas V B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 24 peserta didik dan kelas V A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 24 peserta didik. Teknik dan instrumen pengambilan data dalam penelitian ini adalah (1) Observasi (2) Dokumen (3) Tes dan (4) Angket. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur minat peserta didik, sedangkan tes yang berupa soal post-test untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Instrumen angket dan soal post-test sebelum digunakan untuk mengambil dan mendapatkan data terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Setelah data terkumpul maka akan di uji dengan uji t-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap minat belajar peserta didik pada matapelajaran fiqih di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung tahun pelajaran 2020/2021, berdasarkan uji t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 dengan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung tahun pelajaran 2020/2021, berdasarkan uji t-tests diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 dengan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. (3) Terdapat pengaruh model pembelaj aran quantum teaching terhadap minat dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung tahun pelajaran 2020/2021 dengan hasil perhitungan di peroleh hasil analisis minat dan hasil belajar secara stimulant menggunakan analisis multivariate of varian (MANOVA) diperoleh nilai keempat p value (sig.) sebesar 0,000, berdasarkan dengan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran quantum teaching berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung Tahun Pelajaran 2020/2021.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173013 ALIFAH DARIN ROSYIDAH |
Date Deposited: | 07 Jan 2022 07:55 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 04:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23863 |
Actions (login required)
View Item |