STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PEDAGANG PADA PASAR KRAS KECAMATAN KRAS KABUPATEN KEDIRI

DIANA ISLAM MAWATI, 12402183022 (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PEDAGANG PADA PASAR KRAS KECAMATAN KRAS KABUPATEN KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pengembangan Pasar Tradisional dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang Pada Pasar Kras Kecamatan Kras Kabupaten Kediri” inivditulis oleh Diana Islam Mawati, NIM 12402183022, pembimbing Dr. Asmawi. M. Ag. Pasar tradisional merupakan tempat berkumpulnya para pedagang berjualan atas barang atau jasa yang ditawarkannya. Kehadiran pasar modern menyulitkan para pedagang tradisional untuk menawarkan jenis penjualannya, hal ini dikarenakan dari segi fisik dan manajemennya pada pasar modern menjanjikan kondisi kenyamanan pada pelanggannya. Misalnya pada pasar tradisional kras sebelum direvitalisasi memiliki kondisi yang dikatakan tidak layak dengan kondisi secara fisik bangunan yang banyak sekali hampir rapuh, lapak yang tidak beraturan sampai melebihi batas pelataran. Kondisi jalanan yang kerap becek tiap musim hujan datang, dari segi manajemen untuk kondisi parkir sepeda montor sangat sempit ditambah montor pelanggan yang memaksa untuk masuk ke dalam pasar. Pasar tradisional sebelum menjadi seperti ini disebut belum layak menjadi syarat pasar sehat. Pemerintah melakukan revitalisasi pasar dari tiga aspek, aspek fisik, aspek manajemen dan aspek ekonomi. Dalam pernyataan di atas peneliti membuat rumusan masalah berdasarkan kondisi Pasar Tradisional Kras, yakni bagaimana strategi/cara/upaya pemerintah daerah dalam mengembangkan Pasar Tradisional Kras dalam upaya meningkatkan pendapatan para pedagang dan kedua, bagaimana dampak setelah adanya pengembangan pasar tradisional yang dilaukan pemerintah daerah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi pemerintah dalam mengembangkan Pasar Tradisional Kras dalam upaya meningkatkan pendapatan pedagang dan bagaimana dampak dari adanya pengembangan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian lapangan (field research) bersifat deskriptif kualitatif, sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kepala pasar, penggagas pasar, dan masyarakat sekitar yang sekaligus sebagai pedagang dalam pasar. Observasi mengamati keadaan yang ada di Pasar Tradisional Kras, dan dokumentasi digunakan untuk mendukung data-data yang peneliti dapatkan di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah pasar direvitalisasi menunjukkan dari segi fisik dan manajemen menjadi lebih baik dari sebelumnya direvitalisasi, seperti bangunan yang menjadi lebih kuat, lapak pedagang yang tertata rapi sesuai zona, akses jalan yang lebih luas. Sementara dari segi ekonomi mayoritas pedagang pasar kras mengalami penurunan tingkat pendapatan yang dihasilkan, berbagai faktornya yaitu semakin banyak pendatang pedagang baru, tidak kesesuaian tempat lapak yang strategis, serta pandemi covid-19. Kata kunci: Pasar Tradisional, Peningkatan Pendapatan, Strategi Pengembangan, Pedagang Kecil, Dampak Revitalisasi

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pasar
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 12402183022 Diana Islam Mawati
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:16
Last Modified: 10 Jan 2022 04:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23991

Actions (login required)

View Item View Item