GALLIH ARIFADLI, 17304153022 (2022) STRATEGI KOMUNIKASI AKUN INSTAGRAM KACAMATA TULUNGAGUNG SEBAGAI MEDIA INFORMASI MASYARAKAT KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (448kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (307kB) |
||
|
Text
BAB 1.pdf Download (723kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (588kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (834kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (280kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Arifadli, Gallih, 2021, Strategi Komunikasi Akun Instagram Kacamata Tulungagung Sebagai Media Informasi Bagi Masyarakat Kabupaten Tulungagung, Skripsi, Pembimbing: Darisy Syafaah, M.Pd.I. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Media Informasi, Instagram, Kacamata Tulungagung Di era sosial media, strategi komunikasi menjadi sangat penting bagi media informasi. Selain sebagai cara untuk membangun media informasi tersebut, strategi komunikasi berfungsi sebagai indikator bahwa informasi tersampaikan secara efektif dan efisien. Dari data yang dihimpun dari We Are Social di tahun 2019 terdapat 3.484 milyar lebih manusia menggunakan internet, termasuk sosial media, dan data tersebut kian naik secara signifikan setiap tahunnya. Hal ini menyebabkan populasi masyarakat di dunia virtual beraneka ragam. Sehingga, strategi komunikasi sangat dibutuhkan ketika menggunakan sosial media, terlebih ketika pengguna tersebut merupakan influencer atau orang yang berpengaruh seperti media informasi Kacamata Tulungagung. Dengan jumlah followers mencapai 262 ribu, Kacamata Tulungagung menjadi salah satu media informasi terbesar dari pada kompetitornya. Oleh karenanya, dalam penelitian ini mencoba menggali terkait strategi komunikasi yang digunakan oleh akun Instagram Kacamata Tulungagung sebagai media informasi masyarakat Tulungagung. Peneliti menggunakan analisis kualitatif deskriptif, dimana peneliti membedah strategi yang digunakan oleh Kacamata Tulungagung dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat Tulungagung khususnya. Temuan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat beberapa strategi komunikasi yang digunakan oleh Kacamata Tulungagung, seperti mengenal sasaran komunikasi yang bertujuan untuk mengetahui target informasi supaya informasi yang disampaikan dapat secara efektif dan efisien diterima oleh masyarakat. Menyusun pesan yang notabene wujud dari informasi Kacamata Tulungagung juga mendapat perhatian, dimana dalam menyusun pesan memperhatikan beberapa hal termasuk tingkat valid suatu informasi. Selain itu karena Kacamata Tulungagung berbasis media Informasi maka dalam kontennya terdapat beberapa informasi yang bersifat persuatif, informastif, edukatif dan entertaint. Strategi lain yang digunakan oleh Kacamata tulungagung adalah menentukan tujuan dalam menyampaikan informasi dan metode yang digunakan dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat Tulungagung melalui sosial media Instagram. Terdapat faktor pendukung lain yang mempengaruhi penyampaian pesan pada Kacamata Tulungagung, yakni menentukan momentum yang tepat sesuai dengan situasi dan kondisi yang kondusif dimasyarakat. Komunikator sebagai pelaku komunikasi itu sendiri yang harus mempunya kredibilitas dalam menyampaikan pesan. Kompetitor dan followers yang turut andil mengembangkan Kacamata Tulungagung menjadi media informasi bagi masyarakat Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Media Sosial Teknologi Informasi Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam |
Depositing User: | S.Sos 17304153022 GALLIH ARIFADLI |
Date Deposited: | 07 Feb 2022 07:48 |
Last Modified: | 07 Feb 2022 07:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24630 |
Actions (login required)
View Item |