STRATEGI BISNIS DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PETERNAK: STUDI KASUS UD SUMBER PANGAN DESA GEGER, KECAMATAN SENDANG, KABUPATEN TULUNGAGUNG

DWI RAHAYU, 12402173173 (2021) STRATEGI BISNIS DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PETERNAK: STUDI KASUS UD SUMBER PANGAN DESA GEGER, KECAMATAN SENDANG, KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (911kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (402kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (244kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Bisnis dalam Meningkatkan Kepuasan Peternak: Studi Kasus UD Sumber Pangan Desa Geger, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung”. ini ditulis oleh Dwi Rahayu, NIM. 12402173173 pembimbing, Dr. Ngainun Naim, M.HI. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya perusahaan atau koperasi yang berada di Desa Geger yang bergerak dibidang penampungan susu sapi perah. Salah satu perusahaan peternakan yang ikut meramaikan bisnis penampungan susu sapi di Desa Geger adalah UD Sumber Pangan, pada saat ini UD Sumber Pangan adalah perusahaan penampungan susu yang paling unggul yang berada di Desa Geger dengan jumlah peternak yang mencapai 520 dan mencakup sampai di dua Kecamatan yaitu Kecamatan Sendang dan Kecamatan Pagerwojo. UD Sumber Pangan sendiri sudah memikirkan dan merancang strategi bisnis yang akan diterapkan yaitu strategi harga, kualitas pelayanan, dan fasilitas. Startegi ini diterapkan dengan tujuan utama untuk meningkatkan kepuasan peternaknya. Fokus penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana strategi harga dalam meningkatkan kepuasan peternak di UD Sumber Pangan, (2) Bagaimana strategi kualitas pelayanan dalam meningkatkan kepuasan peternak di UD Sumber Pangan, (3) Bagaimana strategi fasilitas dalam meningkatkan kepuasan peternak di UD Sumber Pangan. Penelitan ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif, teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti mengamati dan berinteraksi dengan pimpinan, sekretaris, karyawan, dan peternak (konsumen) UD Sumber Pangan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Strategi harga dalam meningkatkan kepuasan peternak UD Sumber Pangan yaitu harga beli susu sapi perah dari peternak cukup tinggi dengan harga Rp. 6000/liter BJ tinggi dan Rp. 5.500 untuk BJ rendah. (2) Strategi kualitas pelayanan yang diterapkan dalam meningkatkan kepuasan peternak yaitu kualitas pelayanan yang baik, karyawan yang ramah, pelayanan yang cepat dan karyawan yang tanggap, bisa diandalkan, peternak diberikan akses kemudahan dalam memenuhi dan meminta keperluan yang sedang dibutuhkan terkain kebutuhan kandang, kebutuhan pokok, dan kebutuhan pakan ternak. (3) Strategi fasilitas dalam menigkatkan kepuasan peternak adalah tersedianya fasilitas yang lengkap. UD Sumber Pangan menyediakan kebutuhan pakan ternak, kebutuhan kandang, kas bon, pengambilan susu sampai ke rumah, dan medis atau mantra sapi untuk pelayanan sapi sakit, pertolongan sapi melahirkan dan kawin suntik sapi. Kata kunci: Strategi bisnis, kepuasan peternak

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402173173 DWI RAHAYU
Date Deposited: 31 Mar 2022 05:26
Last Modified: 31 Mar 2022 05:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25014

Actions (login required)

View Item View Item