STRATEGI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KINERJA GURU PADA ERA PANDEMI DI SDI AL HAKIM BOYOLANGU

KUNI AZIZAH, 12207183054 (2022) STRATEGI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KINERJA GURU PADA ERA PANDEMI DI SDI AL HAKIM BOYOLANGU. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (878kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul "Strategi Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Kinerja Guru Pada Era Pandemi di SDI Al Hakim Boyolangu ", ini ditulis oleh Kuni Azizah, NIM 12207183054, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. Masduki, M.Ag. Kata Kunci: Kepala Sekolah, Supervisor, Motivasi dan Kinerja guru Di era pandemi strategi kepala sekolah sangat dibutuhkan bagi lembaga pendidikan yang dipimpinnya, kepala sekolah sebagai supervisor harus mampu mengadakan kegiatan supervisi yang meliputi pengawasan, penilaian, dan pemberian pembinaan kepada para guru. Peningkatan kinerja guru ini dapat berdampak terhadap hasil belajar siswa sehingga kinerja guru ini dikatakan meningkat, dan di era pandemi saat ini lembaga pendidikan dihadapkan adanya keterbatasan waktu dan gerak sehingga dengan adanya masalah ini diharapkan kepala sekolah bisa memaksimalkan strategi supervisinya agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan efektif. Fokus peneitian ini adalah (1) Bagaimana Standar kinerja kepala sekolah sebagai supervisor dalam menilai kinerja guru pada era pandemi di SDI Al Hakim Boyolangu? (2) Bagaimana teknik koordinasi kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan motivasi dan kinerja guru pada era pandemi di SDI Al Hakim Boyolangu? (3) Bagaimana bentuk perbaikan kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan motivasi dan kinerja guru pada era pandemi di SDI Al Hakim Boyolangu? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan mengambil latar strategi kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan motivasi dan kinerja guru SDI Al Hakim Boyolangu di era pandemi. Sumber penelitian ini diambil dari kepala sekolah, wali kelas 1A dan guru pendidikan agama islam. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data. Penyajian data dan penrikan kesimpulan,. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan peneliti dan triangulasi. Hasil analisis data ditemukan bahwa: (1) Standar kinerja kepala sekolah sebagai supervisor dalam menilai guru di era pandemi yaitu ketika guru mampu melaksanakan tugasnya dengan baik (2) Teknik koordinasi supervisi kepala sekolah yaitu dengan mengadakan rapat bulanan serta membantu para guru untuk menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dan silabus serta memberikan motivasi kepada para guru (3) Dengan adanya supervisi kepala sekolah di era pandemi dapat memberikan peningkatan terhadap kinerja guru dan guru bisa lebih kreatif dan canggih terhadap pembelajaran di era pandemi meskipun juga banyak hambatan yang dirasakan ketika pelaksanaan kegiatan supervisi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Kepala Sekolah
Pendidikan > Mutu Pendidikan
Manajemen > Pendidikan Islam
Pendidikan > Reward dan Punishment
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207183054 KUNI AZIZAH
Date Deposited: 27 Jun 2022 04:28
Last Modified: 27 Jun 2022 04:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26370

Actions (login required)

View Item View Item