PENERAPAN METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI MADRASAH DINIYAH FASTABICHUL KHOIROT JOHO KALIDAWIR TULUNGAGUNG

iis, sumai dau (2015) PENERAPAN METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI MADRASAH DINIYAH FASTABICHUL KHOIROT JOHO KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
sebelum bab 1.rtf

Download (8MB)
[img] Text
ABSTRAK DAU.rtf

Download (64kB)
[img] Text
BAB I-5 dau-.rtf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA READY-1.rtf

Download (59kB)
[img] Text
Lampira ready.rtf

Download (53kB)
[img] Text
Lampiran 1 ready.rtf

Download (51kB)
[img] Text
Lampira 2 ready.docx

Download (20kB)
[img] Text
Lampiran 3 ready.rtf

Download (50kB)

Abstract

ABSTRAK Sumai Dau, Iis. NIM. 3211113086. 2015. Penerapan Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Santri di Madrasah Diniyah Fastabichul Khoirot Joho Kalidawir Tulungagung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Drs. H. Masduki, M.Ag. NIP. 19620708 199803 1 001. Kata Kunci : Penerapan Metode Tilawati, Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Penelitian ini dilandasi oleh banyaknya metode-metode yang baru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an, seperti metode tilawati. Metode tilawati merupakan suatu metode dalam pembelajaran Al-Qur’an yang menggabungkan pendekatan klasikal dan baca simak yang menggunakan lagu- lagu rost serta menggunakan buku dan alat peraga sebagai media dan sarana belajar. Metode tilawati, metode yang bagus di terapkan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dan terbilang metode yang variatif karena menggabungkan menggabungkan pendekatan klasikal dan baca simak yang menggunakan lagu- lagu rost. Dengan lagu- lagu rost dapat membuat suasana belajar menjadi menyenangkan dan membuat santri menjadi lebih bersemangat lagi. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah : (1) Bagaimana penerapan metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan baca Al Quran santri di madrasah diniyah Fastabichul Khoirot Joho Kalidawir Tulungagung? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat metode tilawati dalam membaca Al Qur’an santri di madrasah Diniyah Fastabichul Khoirot Joho Kalidawir Tulungagung? Pendekatan penelitian adalah pendekatan penelitian kualitatif, yaitu peneliti akan meneliti obyek alamiah atau fakta-fakta yang terjadi dilapangan, sementara itu penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data penulis menggunakan reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data peneliti menggunakan teknik ketekunan atau keajegan pengamatan dan trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca santri di madrasah diniyah Fastabichul Khoirot sudah baik. Dilihat dari materinya baik materi utama yang menggunakan jilid 1- 6 dan materi pendukung yang terdiri mata pelajaran fiqih, aqidah akhlak, sejarah perkembangan Islam, hafalan surat- surat atau ayat- ayat pilihan, membaca, menghafalkan dan mempraktikkan doa sehari- hari. Dimadarasah ini, juga mempunyai fasilitas, media dan sarana yang dapat mempermudah proses selama pembelajaran berlangsung. Dan menggabungkan pendekatan klasikal dan individual dalam proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan optimal. Serta menjalankan evaluasi dengan 3 cara untuk jilid 1-5 yaitu test tulis berupa pemberian lembaran soal- soal yang wajib dijawab oleh santri, harian yang dinilai setiap hari melalui baca simak secara individu dan guru memberi penilaian dan kenaikan jilid yang juga dilakukan sevara individual berdasarkan kemampuan santri tersebut. Dan untuk kelas lanjutan evaluasinya terdiri atas 5 materi yaitu fashohah atau penguasaan secara praktek, penguasaan tajwid, Ghorib dan musykilat dan yang terakhir adalah kelantangan dan kejelasan suara dalam membaca serta lagu, menguasai lagu rost 3 nada. Dengan alokasi waktu 75 menit dalam setiap pertemuan. Walaupun metode tilawati terbilang baru tetapi metode ini dapat mempermudah guru untuk mengajar dan santri untuk membaca Al-Qur’an dan menyenangkan karena menggunakan nyanyian sehingga siswa tidak mudah jenuh selama proses pembelajaran. (2) Faktor penghambat dan faktor pendukung metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di madrasah diniyah Fastabichul Khoirot Joho Kalidawir Tulungagung. Faktor penghambat antara lain kurang fokus , sebagian siswa kurang bisa memahami tentang huruf hijayak lingkungan yang ramai. Selain faktor penghambat juga ada faktor pendukung, antara lain kelengkapan media, sarana dan prasana, faktor guru yang mumpuni dibidangnya, apalagi para gurunya sudah mengikuti diklat atau pelatihan guru tentang bagaimana penerapan metode tilawati yang baik dan benar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: iis sumai dau
Date Deposited: 20 Nov 2015 03:35
Last Modified: 20 Nov 2015 03:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2662

Actions (login required)

View Item View Item