LUTFI SUAIDAH, 17306153008 (2023) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA DALAM MENGURANGI KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA PESERTA DIDIK MA AL FATTAHIYYAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (625kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (174kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (168kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (444kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (317kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Lutfi Suaidah. NIM: 17306153008. FUAD UIN SATU Tulungagung. Skripsi. Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama dalam Mengurangi Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Peserta Didik MA Al Fattahiyyah Tulungagung, Pembimbing. Febranti Putri Navion, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, Kecemasan berbicara. Perasaan cemas dan gugup saat bicara di depan umum merupakan hal yang wajar oleh sebagian orang. Namun perasaan tersebut akan menjadi penghambat bagi tersampaikannya informasi dengan baik kepada lawan bicaranya. Kecemasan/Anxietas atau keadaan aprehensi adalah keadaan khawatir yang mengeluhkan bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi. Keadaan demikian harus diatasi agar seseorang mampu berkomunikasi kepada sesamanya dengan baik dan efektif. Permasalahan: Bagaimana keefektivan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dalam mengurangi kecemasan berbicara di depan umum pada peserta didik MA Al Fattahiyyah Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dalam mengurangi kecemasan berbicara di depan umum pada peserta didik MA Al Fattahiyyah Tulungagung.Metode Penelitian: Pendekatan: Kuantitatif. Desain: One Group Pretest Post Test. Variabel: (1). Variabel Independen/bebas (X): Layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. (2). Variabel Dependent/terikat (Y): Kecemasan Berbicara di Depan Umum. Populasi: Siswa Kelas X-XI MA Al-Fattahiyyah Tulungagung. Sampel: 8 orang. Teknik Pengumpulan data: Observasi, angket (test) dan dokumentasi. Teknik Analisis Data: Regresi dengan bantuan mesin hitung SPSS versi 20. Penelitian ini dilaksanakan di MA Al-Fattahiyyah Tulungagung. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil nilai t 4.435 > ttabel 2.447 yang berarti terdapat pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) yang berarti layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif untuk mengurangi kecemasan di depan umum. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikemukakan kesimpulan bahwalayanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif untuk mengurangi kecemasan berbicara di depan umum bagi peserta didik Madrasah Aliyah Al-Fattahiyyah Tulungagung bahkan setiap penambahan 1% nilai layanan bimbingan maka nilai pengaruh bertambah 0.772. Dalam konteks ini berarti semakin intensif pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama akan semakin meningkatkan kualitas untuk mengurangi kecemasan berbicara di depan umum.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | 17306153008 LUTFI SUAIDAH |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 07:14 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 07:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40113 |
Actions (login required)
View Item |