PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO BERBANTUAN QUESTION CARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS X DI SMKN 1 UDANAWU BLITAR

KHULUD RHODHOTUN NASIKHAH, 12204193114 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO BERBANTUAN QUESTION CARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS X DI SMKN 1 UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (718kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (957kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (455kB) | Preview

Abstract

Khulud Rhodhotun Nasikhah, 12204193114, 2023 “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two Berbantuan Question Card Terhadap Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X Di SMKN 1 Udanawu Blitar”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two, Question Card, Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep Matematika Matematika memiliki peran penting dalam kehidupan siswa, namun siswa dalam menyikapi pelajaran matematika berbeda-beda. Banyak siswa menganggap pelajaran matematika sulit dan membosankan sehingga kurang menyukai mata pelajaran matematika dan berakibat peserta didik mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two berbantuan question card diharapkan dapat membantu siswa dalam menerima dan memahami materi yang diajarkan dengan mudah serta dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two berbantuan question card terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas X di SMKN 1 Udanawu Blitar, (2) mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two berbantuan question card terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas X di SMKN 1 Udanawu Blitar, dan (3) mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two berbantuan question card terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep matematika siswa kelas X di SMKN 1 Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian yaitu posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN 1 Udanawu Blitar yang berjumlah 823 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas X TKJ 2 yang berjumlah 34 sebagai kelas kontrol dan X TKJ 3 yang berjumlah 34 sebagai kelas eksperimen. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Data diambil dari angket dan tes, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t-test dan uji Manova dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two berbantuan question card terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas X SMKN 1 Udanawu Blitar dengan nilai signifikasi 0,005 < 0,05, (2) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two berbantuan question card terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMKN 1 Udanawu Blitar dengan nilai signifikasi 0,019 < 0,05, dan (3) ada pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two berbantuan question card terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMKN 1 Udanawu Blitar dengan nilai signifikasi 0,003 < 0,005.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193114 Khulud Rhodhotun Nasikhah
Date Deposited: 20 Sep 2023 04:40
Last Modified: 20 Sep 2023 04:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40385

Actions (login required)

View Item View Item