STRATEGI KEPALA TATA USAHA DALAM MENINGKATKAN LAYANAN PENDIDIKAN DI MTs PSM TANEN REJOTANGAN

AISYA MAHARANI, 12207193052 (2024) STRATEGI KEPALA TATA USAHA DALAM MENINGKATKAN LAYANAN PENDIDIKAN DI MTs PSM TANEN REJOTANGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (630kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Kepala Tata Usaha Dalam Meningkatkan Layanan Pendidikan Di MTs PSM Tanen Rejotangan” ini ditulis oleh Aisya Maharani, NIM. 12207193052, program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Ibu Prof. Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci : Strategi, Kepala Tata Usaha, Layanan Pendidikan Tata usaha salah satu komponen pendidikan yang memiliki peran khusus terkait layanan administrasi madrasah yang seharusnya kebijakan pendidikan memberikan perhatian yang baik terhadap peran kepala tata usaha. Hal ini dapat disebabkan peranan kepala tata usaha sering luput dari pantauan banyak orang sehingga masih dianggap belum memberikan kontribusi yang optimal dalam memberikan layanan pendidikan. Salah satu menunjang kelancaran proses kepala tata usaha memberikan layanan pendidikan ialah mengkoordinir kegiatan administrasi dan mampu mengatur statement untuk memberikan pelayanan prima. Hakikatnya kepala tata usaha merupakan ujung tombak dalam manajemen ketatausahaan Madrasah. Agar terciptanya layanan yang baik dalam suatu lembaga pendidikan, maka semua kegiatan yang ada di Tata Usaha harus tertata sesuai dengan pedoman yang ada. Selain itu, Strategi Kepala Tata Usaha juga berpengaruh bagi keberhasilan dalam menjalankan aktivitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Kepala Tata Usaha dalam meningkatkan Layanan Pendidikan dengan fokus penelitian skripsi ini adalah 1) Bagaimana strategi perencanaan Kepala Tata Usaha dalam meningkatkan layanan pendidikan di MTs PSM Tanen Rejotangan?; 2) Bagaimana strategi kinerja Kepala Tata Usaha dalam meningkatkan layanan pendidikan di MTs PSM Tanen Rejotangan?; 3) Bagaimana strategi evaluasi kinerja Kepala Tata Usaha dalam meningkatkan layanan pendidikan di MTs PSM Tanen Rejotangan?. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, Observasi partisipatif dan dokumentasi yang diperoleh dari sumber data diantaranya Kepala Madrasah, Kepala Tata Usaha, Waka Kurikulum, Tenaga Kependidikan dan Guru. Teknik analisis data yang digunakan meliputi Data Collection, Reduksi Data, Penyajian Data dan Conclusion Drawing. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi, Peer Reviewing dan perpanjangan pengamatan Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut : 1) Dengan adanya strategi perencanaan yang dilaksanakan untuk menjalankan peningkatan layanan pendidikan, peran Kepala Tata Usaha dalam mengatur dan mengkoordinir jalannya kegiatan di Tata Usaha dapat memberikan layanan yang sesuai dengan bekerja membentuk rapat atau musyawarah yang membahas mengenai pembagian Job Description yaitu analisis jabatan dan analisis pekerjaan dengan menetapkan pegawai yang tepat agar kegiatan program berjalan dengan baik dan benar. 2) Dalam Implementasikannya, strategi kinerja Kepala Tata Usaha mampu bekerja secara profesional dengan team yang solid dan lingkungan kerja nyaman kondusif dan dalam meningkatkan kompetensinya dilakukan pelatihan, seperti diklat, seminar, workshop bertujuan meningkatkan kompetensi seorang Kepala Tata Usaha. 3) Strategi evaluasi kinerja dari Implementasi Kepala Tata Usaha mampu menciptakan perubahan bagi lembaga karena terdapat output dimana dilakukan satu bulan sekali evaluasi kegiatan yang berjalan, tiga bulan sekali evaluasi kerja pegawai maupun satu semester dan satu tahun sekali evaluasi kegiatan dan program selama akhir semester yang menghasilkan laporan terkait pengembangan layanan pendidikan yang dilaksanakan bersama – sama dengan para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207193052 AISYA MAHARANI
Date Deposited: 18 Mar 2024 06:25
Last Modified: 18 Mar 2024 06:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44263

Actions (login required)

View Item View Item