استخدام "كتاب األربعني في النحو و الصرف و اللغة" في تعليم اللغة العربية ابدلدرسة ابإبتدايية ابإساليية األزاار تولوج جووج

AJI KURNIA PUTRI, 12202193104 (2023) استخدام "كتاب األربعني في النحو و الصرف و اللغة" في تعليم اللغة العربية ابدلدرسة ابإبتدايية ابإساليية األزاار تولوج جووج. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (570kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (370kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Penggunaan Kitab Arba'in Untuk Nahwu Shorof dan Bahasa dalam pembelajaran Bahasa Arab Untuk Siswa Kelas 6 Di Sekolah Dasar Islam Al Azhaar Tulungagung" ini ditulis oleh Aji Kurnia Putri, NIM 12202193104, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negri Sayid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen pembimbing: Dr. Anin Nurhayati, M.Pd.I Kata Kunci: Penggunaan Kitab Arba'in, Pembelajaran Bahasa Arab, Pembelajaran nahwu shorof Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya pembelajaran nahwu shorof di SDI Al Azhaar Tulungagung. Pembelajaran kaidah nahwu shorof dengan kitab Arba'in sangat efektif untuk menambah pengetahuan siswa SDI dan untuk meminimalisir dari kesalahan dalam penggunaan Bahasa Arab. Kitab arba'in dengan redaksinya yang simpel mempermudah untuk siswa mempelajari kaidah nahwu shorof dengan mudah dan dalam waktu yang singkat yaitu dalam waktu sekitar 12 hari. penggunaan kitab ini merupakan hal baru dan belum ada penelitian mengenai pembelajaran kaidah Bahasa Arab yang diterapkan pada jenjang SD. Dalam hal ini peneliti mengamati dalam penelitiannya tentang penerapan "kitab arba'in fi nahwi wa shorfi wal lughoh" dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk siswa kelas 6 di SDI Al Azhaar Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, 2). Bagaimanakah kegiatan pembelajaran nahwu shorof dengan menggunakan kitab arba'in dalam pembelajarab Bahasa Arab di kelas 6 SDI Al Azhaar Tulungagung? 1). Apa kendala dalam pembelajaran nahwu shorof dengan menggunakan kitab arba'in dalam pembelajarab Bahasa Arab di kelas 6 SDI Al Azhaar Tulungagung? 1). Bagaimanakah pemecahan masalah dalam penerapan pembelajaran nahwu shorof dengan menggunakan kitab arba'in dalam pembelajarab Bahasa Arab di kelas 6 SDI Al Azhaar Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian studi kasus. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang diperoleh peneliti adalah:2) Proses Penggunaan Kitab Arba'in terdapat tiga kegiatan. Kegiatan Pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Pada kegiatan pembukaan ustadz membaca salam kemudian mengajak siswa untuk membaca doa lalu dilanjutkan dengan pembacaan absensi dan murojaah materi pada pertemuan sebelumnya. Sedangkan pada kegiatan inti ustadz memberikan materi baru dan mengajak murid membaca materi secara berulang sampai hafal. Kemudian pada kegiatan penutup ustadz menyampaikan kesimpulan dan mengulas materi dengan cara memanggil murid untuk membaca didepan kelas atau menghafal materi didepan kelas. Dan mengahiri pelajaran dengan membaca doa kemudian mengucapkan salam. 1) Terdapat permasalahan yang berasal dari ustadz dan siswa. Masalah yang terdapat dari ustadz yaitu adanya beaerapa guru yang belum meliki pengetahuan cukup untuk mengajar materi arba'in. sedangkan masalah yang terdapat dari siswa antara lain beberapa siswa mengalami kesulitan pada hafalan materi dan ada siswa yang belum mengetahui manfaat pembelaran nahwu sorof. 1) Untuk mengatasi permasalahn diatas sekolah mengadakan apel pagi untuk memperkuat pengetahuan dan hafalan arba'in dan mengirim beberapa guru untuk mengikuti diklat kepada pengarang kitab arbain secara langsung ke Demak. Sedangkan untuk mengatasi permasalahn siswa Guru memberi nasihat dan tetap memotofasi murid untuk semangat belajar dan memberikan pemahaman bahwa nanti ilmu ini akan berguna saat mereka sudah dewasa dan faham.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 12202193104 AJI KURNIA PUTRI
Date Deposited: 20 Jul 2024 08:03
Last Modified: 20 Jul 2024 08:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45696

Actions (login required)

View Item View Item