Laila Arif, 2814123097 (2017) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Materi Himpunan SMPN 3 Kedungwaru Tahun Ajaran 2015/2016. [ Skripsi ]
Text
cover.pdf Download (100kB) |
||
Text
lampiran depan.pdf Download (721kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (456kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (148kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan dalam membangun peradaban bangsa. Dalam pendidikan banyak ilmu yang harus dipelajari, salah satunya yaitu ilmu matematika. Tidak semua siswa menyukai matematika, karena menganggap matematika itu pelajaran yang sulit bahkan menakutkan. Oleh karena itu perlunya sebuah metode ataupun model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Ketika motivasi belajar siswa meningkat, maka secara otomatis nilai belajar matematika mereka akan menjadi lebih baik. Salah satu materi yang dianggap sulit oleh beberapa siswa adalah materi tentang himpunan. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe take and give dianggap dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah mengerjakan soal-soal himpunan. Dengan pemberian model pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe take and give terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII materi himpunan SMPN 3 Kedungwaru tahun ajaran 2015/2016. 2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe take and give terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII materi himpunan SMPN 3 Kedungwaru tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan dokumentasi.Uji yang digunakan dalam analisis data adalah uji t. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar, angket digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi belajar siswa, sedangkan dokumentasi digunakan untuk menggali dokumen sekolah dan untuk dokumentasi ketika penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe take and give terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII materi himpunan SMPN 3 Kedungwaru tahun ajaran 2015/2016. Hal ini terbukti dari perhitungan data diperoleh t_hitung=4,22078>t_tabel=1,671 dengan menggunakan taraf signifikan α=0,05. 2) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe take and give terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII materi himpunan SMPN 3 Kedungwaru tahun ajaran 2015/2016. Hal ini terbukti dari perhitungan data diperoleh t_hitung=2,534561>t_tabel=1,671 dengan menggunakan taraf signifikan α=0,05. Dapat disimpulkan bahwa dengan adanya penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe take and give ini, mampu mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar matematika serta dapat meningkatkan hasil belajar para siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814123097 Laila Arif |
Date Deposited: | 31 Jan 2017 03:56 |
Last Modified: | 31 Jan 2017 03:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4741 |
Actions (login required)
View Item |