IRA IQLIMATUL A'YUN, 126209201002 (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MIND MAPPING GUNA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN IPS DI MTs ASWAJA TUNGGANGRI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (241kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (182kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (912kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (225kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (44kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (166kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Mind Mapping Guna Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Mata Pelajaran IPS Di MTs Aswaja Tunggangri” ini ditulis oleh Ira Iqlimatul A’yun, NIM 126209201002. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatulah Tulungagung, Pembimbing Bagus Setiawan, M.Pd. Kata Kuci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Mind Mapping, Efektivitas Pembelajaran Penelitian ini di latarbelakangi oleh banyaknya siswa yang kesulitan dalam memahami pembelajaran IPS serta minimnya fasilitas dari sekolah. Seperti halnya penggunaan proyektor masih bergantian dengan guru lain, alhaslil banyak guru yang masih menggunakan metode pembalajaran konvensional. Peneliti beranggapan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL berbantu Mind Mapping siswa dapat terlibat dalam proses pembelajaran dari menganalisis masalah sampai pemecahan masalah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Implementasi model pembelajaran PBL berbantu Mind Mapping pada mata pelajaran IPS di MTs ASWAJA Tunggangri. 2) Bagaimana pengaruh model pembelajaran PBL berbantu Mind Mapping terhadap efektivitas pembelajaran IPS di MTs ASWAJA Tunggangri ? dengan tujuan pembelajaran. 1) Untuk mengetahui Implementasi dari model pembelajaran PBL berbantu Mind Mapping pada mata pelajatan IPS di MTs ASWAJA Tunggangri. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL berbantu Mind Mapping terhadap efektivitas pembelajaran IPS di MTs ASWAJA Tunggangri. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif jenis penelitian quasi eksperimen dengan populasi seluruh kelas VII MTs ASWAJA Tunggangri. Dengan sampel penelitian 2 kelas yakni eksperimen VII A dan kelas kontrol VII B, dengan tekning sampling simple rondom sampling. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan tes, angket serta dokumentasi dengan teknik analisis data statistik yakni uji independent sample t-test dan nilai N-Gain yang sebelumnya diuji normalitas serta homogenitasnya. Hasil penelitian 1. Pada kelas ekperimrn dengan model pembelajaran PBL berbantu mind mapping siswa lebih berperan dalam proses pembelajaran dari menganalisis permasalahan, berdiskusi sampai pemecahan masalah, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan konvensional siswa terlihat jenuh dalam proses pemebelajaran berlangsung, sehingga penerapan model konvensional kurang efektif dalam penerapan model pembelajaran. 2. Hasil menunjukkan output uji Independent sample t-test Efektivitas pembelajaran siswa dengan bantuan N-Gain persen kelas eksperimen berjumlah 0.6369 kategori dintara 56-75 maka nilai efektifitas dianggap cukup efektif sedangkan pada kelas kontrol berjumlah 0.3554 kategori < 40 yang dianggap tidak efektif. Dengan hasil uji hipotesis memiliki nilai sig (2- tailed) sebesar 0.000. Dengan ini nilai sig 0.000 ≤ 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang diberi perilaku dan kelas yang tidak diberi perilaku serta efektivitas dari pembelajaran yang di tetapkan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209201002 IRA IQLIMATUL A'YUN |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 07:05 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 07:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51306 |
Actions (login required)
View Item |