HUBUNGAN ADVERSITY QUOTIENT (AQ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/MA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

JAGAD DEWA RUMYS, 126212202063 (2024) HUBUNGAN ADVERSITY QUOTIENT (AQ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/MA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (599kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (521kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (541kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (952kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (386kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Jagad Dewa Rumys, NIM. 126212202063, Tahun 2024, “Hubungan Adversity Qoutient (AQ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA/MA Pada Materi Hidrolisis Garam”, Skripsi, Jurusan: Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing skripsi: Ifah Silfianah, M.Pd. Kata Kunci: Adversity Quotient (AQ), Kemampuan Berpikir Kritis, Materi Hidrolisis Garam Era Society 5.0 menuntut kemampuan adaptasi dan inovasi tinggi dari individu. Kemajuan teknologi ini membuat manusia berpikir lebih kompleks dalam menghadapi persoalan. Menghadapi masalah kompleks sering kali menguji kita untuk mencari peluang solusi dalam menyelesaikan masalah (Adversity Quotient). Dalam mencari peluang solusi tersebut, diperlukan kemampuan berpikir kritis. Oleh karena itu, peneliti sangat tertarik meneliti hubungan antara adversity quotient (AQ) dan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik, sehingga mendorong peneliti mengeksplorasi keterkaitan antara AQ dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIA di SMA Negeri 3 Blitar. Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis tingkat adversity quotient (AQ) peserta didik pada materi hidrolisis garam, (2) menganalisis tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi hidrolisis garam, dan (3) menganalisis hubungan antara adversity quotient dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Subjek penelitian yang diambil sebagai sampel adalah 60 peserta didik kelas XI MIA dari SMA Negeri 3 Blitar, yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Untuk mengukur adversity quotient (AQ) peserta didik, digunakan angket ARP. Sementara itu, untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik digunakan tes essay. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik angket dan tes. Analisis data dilakukan melalui analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis data menunjukkan (1) persentase adversity quotient (AQ) kelas XI MIA SMA Negeri 3 Blitar sebesar 56,67% dalam kategori cukup, 40% dalam kategori tinggi, dan 3,33% dalam kategori sangat tinggi. (2) Persentase kemampuan berpikir kritis sebesar 71,67% dalam kategori rendah, 16,67% dalam kategori sedang, dan 11,67% dalam kategori tinggi. (3) Hasil uji korelasi product moment menunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar 0,606 dengan tingkat hubungan kuat, koefisien determinasi (r²) sebesar 36,72%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara adversity quotient (AQ) dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi hidrolisis garam di SMA Negeri 3 Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia > Hidrolisis
Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212202063 JAGAD DEWA RUMYS
Date Deposited: 05 Sep 2024 12:00
Last Modified: 05 Sep 2024 12:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52254

Actions (login required)

View Item View Item