PEBRIANA NUR HALISANIA, 126402213234 (2025) PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN ULASAN PELANGGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Angkatan Tahun 2021). [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (333kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (462kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (631kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (562kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (615kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (363kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Harga, Promosi, dan Ulasan Pelanggan Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna E-commerce Shopee (Studi Pada Mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Angkatan Tahun 2021)” ini ditulis oleh Pebriana Nur Halisania, NIM. 126402213234, dengan pembimbing Novi Khoiriawati, S.E., M.Acc. Kata Kunci: Harga, Promosi, Ulasan Pelanggan, Perilaku Konsumtif. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pengguna internet yang melakukan belanja online cukup tinggi sehingga menunjukkan ketergantungan penggunaan e-commerce, khususnya Shopee yang meraih kunjungan terbanyak di Indonesia. Dengan tingginya belanja online di Indonesia yang merujuk kepada perilaku konsumtif, konsumen perlu mengendalikan diri. Sehingga sangat penting untuk mengetahui pengaruh faktor harga, promosi, dan ulasan pelanggan terhadap perilaku konsumtif pengguna e-commerce Shopee. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk menguji pengaruh harga terhadap perilaku konsumtif pengguna e-commerce Shopee pada mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung angkatan tahun 2021. (2) Untuk menguji pengaruh promosi terhadap perilaku konsumtif pengguna e-commerce Shopee pada mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung angkatan tahun 2021. (3) Untuk menguji pengaruh ulasan pelanggan terhadap perilaku konsumtif pengguna e-commerce Shopee pada mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung angkatan tahun 2021. (4) Untuk menguji pengaruh harga, promosi, dan ulasan pelanggan terhadap perilaku konsumtif pengguna e-commerce Shopee pada mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung angkatan tahun 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer. Pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup. Pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling dan perhitungan sampel menggunakan teknik Lemeshow dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Data penelitian diolah menggunakan SPSS 26.0 dengan metode analisis regresi linier berganda untuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) harga tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif pengguna e-commerce Shopee, (2) promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif pengguna e-commerce Shopee, (3) ulasan pelanggan tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif pengguna e-commerce Shopee, (4) harga, promosi, dan ulasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif pengguna e-commerce Shopee.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Belanja Online Ekonomi > E-Commerce Ekonomi > Gaya Hidup Ekonomi > Harga Ekonomi > Promosi Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 126402213234 PEBRIANA NUR HALISANIA |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 07:58 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 07:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58711 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |