PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN ULASAN PELANGGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Angkatan Tahun 2021)

PEBRIANA NUR HALISANIA, 126402213234 (2025) PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN ULASAN PELANGGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Angkatan Tahun 2021). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (333kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (631kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (363kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Harga, Promosi, dan Ulasan Pelanggan Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna E-commerce Shopee (Studi Pada Mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Angkatan Tahun 2021)” ini ditulis oleh Pebriana Nur Halisania, NIM. 126402213234, dengan pembimbing Novi Khoiriawati, S.E., M.Acc. Kata Kunci: Harga, Promosi, Ulasan Pelanggan, Perilaku Konsumtif. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pengguna internet yang melakukan belanja online cukup tinggi sehingga menunjukkan ketergantungan penggunaan e-commerce, khususnya Shopee yang meraih kunjungan terbanyak di Indonesia. Dengan tingginya belanja online di Indonesia yang merujuk kepada perilaku konsumtif, konsumen perlu mengendalikan diri. Sehingga sangat penting untuk mengetahui pengaruh faktor harga, promosi, dan ulasan pelanggan terhadap perilaku konsumtif pengguna e-commerce Shopee. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk menguji pengaruh harga terhadap perilaku konsumtif pengguna e-commerce Shopee pada mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung angkatan tahun 2021. (2) Untuk menguji pengaruh promosi terhadap perilaku konsumtif pengguna e-commerce Shopee pada mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung angkatan tahun 2021. (3) Untuk menguji pengaruh ulasan pelanggan terhadap perilaku konsumtif pengguna e-commerce Shopee pada mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung angkatan tahun 2021. (4) Untuk menguji pengaruh harga, promosi, dan ulasan pelanggan terhadap perilaku konsumtif pengguna e-commerce Shopee pada mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung angkatan tahun 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer. Pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup. Pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling dan perhitungan sampel menggunakan teknik Lemeshow dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Data penelitian diolah menggunakan SPSS 26.0 dengan metode analisis regresi linier berganda untuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) harga tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif pengguna e-commerce Shopee, (2) promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif pengguna e-commerce Shopee, (3) ulasan pelanggan tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif pengguna e-commerce Shopee, (4) harga, promosi, dan ulasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif pengguna e-commerce Shopee.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Belanja Online
Ekonomi > E-Commerce
Ekonomi > Gaya Hidup
Ekonomi > Harga
Ekonomi > Promosi
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402213234 PEBRIANA NUR HALISANIA
Date Deposited: 30 Jun 2025 07:58
Last Modified: 30 Jun 2025 07:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58711

Actions (login required)

View Item View Item