VISCHA ATIQOTUL MAULA ALFARIKHAH, 2814133198 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN SUMBEREJO SANAN KULON BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (20kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (192kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (621kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (157kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbasis Masalah Kontekstual terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Sumberejo Sanan Kulon Blitar” ini ditulis oleh Vischa Atiqotul Maula Alfarikhah, NIM. 2814133198, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dra. Hj. Umy Zahroh, M. Kes., Ph. D. Kata Kunci: Numbered Heads Together (NHT), Masalah Kontekstual, Hasil belajar. Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) berbasis masalah kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Sumberejo Sanan Kulon pada materi lingkaran. Kajian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang relatif rendah dan kurangnya kreatifitas guru dalam menggunakan model pembelajaran untuk membantu siswa lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) berbasis masalah kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Sumberejo Sanan Kulon, 2) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) berbasis masalah kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Sumberejo Sanan Kulon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis desain penelitiannya adalah Quasi Experimental Desain atau yang sering disebut Eksperimen Semu. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu: 1) Tes, 2) Dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Sumberejo Sanan Kulon, dengan mengambil sampel 2 kelas yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik uji-t (Independent Sample Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) berbasis masalah kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Sumberejo Sanan Kulon. Hal ini terbukti dari t_hitung=2,248>t_tabel= 2,000 dengan α=5%. 2) Besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) berbasis masalah kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Sumberejo Sanan Kulon adalah 82% dengan kriteria tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133198 VISCHA ATIQOTUL MAULA ALFARIKHAH |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 03:14 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 03:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6840 |
Actions (login required)
View Item |