PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN SUMBEREJO SANAN KULON BLITAR

VISCHA ATIQOTUL MAULA ALFARIKHAH, 2814133198 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN SUMBEREJO SANAN KULON BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (20kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (621kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbasis Masalah Kontekstual terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Sumberejo Sanan Kulon Blitar” ini ditulis oleh Vischa Atiqotul Maula Alfarikhah, NIM. 2814133198, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dra. Hj. Umy Zahroh, M. Kes., Ph. D. Kata Kunci: Numbered Heads Together (NHT), Masalah Kontekstual, Hasil belajar. Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) berbasis masalah kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Sumberejo Sanan Kulon pada materi lingkaran. Kajian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang relatif rendah dan kurangnya kreatifitas guru dalam menggunakan model pembelajaran untuk membantu siswa lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) berbasis masalah kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Sumberejo Sanan Kulon, 2) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) berbasis masalah kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Sumberejo Sanan Kulon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis desain penelitiannya adalah Quasi Experimental Desain atau yang sering disebut Eksperimen Semu. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu: 1) Tes, 2) Dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Sumberejo Sanan Kulon, dengan mengambil sampel 2 kelas yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik uji-t (Independent Sample Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) berbasis masalah kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Sumberejo Sanan Kulon. Hal ini terbukti dari t_hitung=2,248>t_tabel= 2,000 dengan α=5%. 2) Besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) berbasis masalah kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Sumberejo Sanan Kulon adalah 82% dengan kriteria tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133198 VISCHA ATIQOTUL MAULA ALFARIKHAH
Date Deposited: 13 Dec 2017 03:14
Last Modified: 13 Dec 2017 03:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6840

Actions (login required)

View Item View Item