PENGARUH INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MAN KOTA BLITAR

M. RIFQI A’MALI, 1721143221 (2018) PENGARUH INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MAN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (351kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (180kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Pengaruh Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MAN Kota Blitar” ditulis oleh M. Rifqi A’mali dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo M.Pd.I Kata Kunci : Internet, Sumber Belajar, Hssil Belajar Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kurang efektif dikarenakan yang utama adalah pembelajaran cenderung monoton sehingga siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Guru cenderung menjadi subject center terhadap murid dan guru masih menggunakan metode pembelajaran yang lama yaitu ceramah. Selain itu, guru hanya mengambil sumber belajar dari buku saja. Sehingga siswa akan mudah bosan dengan sumber belajar tersebut. Akibatnya, hasil belajar siswa pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam masih rendah. Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) adanya pengaruh internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN Kota Blitar, (2) besar pengaruh yang ditimbulkan dari internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar materi Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas XI di MAN Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN Kota Blitar yang tediri dari 10 kelas. Sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas XI IIS 2 yang berjumlah 28 siswa dan XI IIS 4 yang berjumlah 30 siswa. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Penelitian ini menggunakan metode angket dan metode dokumentasi. Metode angket digunakan untuk memperoleh data internet sebagai sumber belajar. Sedangkan metode dokumentasi digunakan penelti untuk memperoleh data terkait sekolah, data guru, data siswa. Hasil penelitian menunnjukkan bahwa (1) internet sebagai sumber belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN Kota Blitar. Hal ini dapat dilihat dari hasil skor angket yang telah diuji. (2) Besar pengaruh internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar adalah 0.000. Hal ini berarti hipotesis dalam penelitian diterima. Pernyataan tersebut dapat dibuktikan dengan melihat hasil analisis data yang menggunakan analisis thitung > ttabel atau 55.842 >2.00324 dengan Sig. (2- tailed) adalah 0.000 < 0.05, maka H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143221 M. RIFQI A’MALI
Date Deposited: 10 Aug 2018 08:47
Last Modified: 10 Aug 2018 08:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8909

Actions (login required)

View Item View Item