Korelasi Kesejahteraan Guru Tidak Tetap (GTT) Terhadap Kualitas Pembelajaran di SMP N 2 Doko Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2009/2010

Titis, Subekti Handayani (2010) Korelasi Kesejahteraan Guru Tidak Tetap (GTT) Terhadap Kualitas Pembelajaran di SMP N 2 Doko Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2009/2010. [ Skripsi ]

[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.docx

Download (21kB)
[img] Text
Cover.docx

Download (152kB)
[img] Text
BAB I Kesejahteraan Guru.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB II Kesejahteraan Guru.docx

Download (63kB)
[img] Text
BAB III Kesejahteraan Guru.docx

Download (51kB)
[img] Text
BAB IV Kesejahteraan Guru.docx

Download (73kB)
[img] Text
BAB V Kesejahteraan Guru.docx

Download (21kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Kesejahteraan Guru (GTT), Kualitas Pembelajaran Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena bahwa kesejahteraan itu sangat penting bagi setiap orang, khususnya bagi guru yang mana dengan kesejahteraan itu dapat memberikan semangat bagi guru dalam bekerja sesuai dengan profesinya, yakni mendidik dan mengajar. Seorang guru akan lebih bersemangat dan nyaman dalam mengajar kalau kesejahteraannya terjamin, terutama kesejahteraan yang berupa gaji, sehingga dengan semangat kerja itu, maka kualitas pembelajaran juga akan meningkat. Namun kenyataannya, kesejahteraan yang diharapkan itu masih jauh dari harapan, terutama guru GTT, yang kesejahteraannya masih kurang. Oleh karena itu,peneliti tertarik untuk mengkajinya lebih jauh terkait dengan korelasi kesejahteraan guru dengan kualitas pembelajaran. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah apakah terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara kesejahteraan guru GTT terhadap kualitas pembelajaran di SMP N 2 Doko Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2009/2010? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat atau tidaknya korelasi yang positif dan signifikan antara kesejahteraan guru GTT terhadap kualitas pembelajaran di SMP N 2 Doko Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2009/2010. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMP N 2 DOKO. Dengan menggunakan teknik Purposive Sample, peneliti mengambil sampel (GTT) yang berjumlah 8 orang. Sedangkan metode dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) metode observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif yang diambil dari nilai hasil angket yang sudah diskor yang kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus Chi Kuadrat. Hasil penelitian setelah diadakan analisis terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara kesejahteraan guru (GTT) terhadap kualitas pembelajaran di SMP N 2 Doko Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2009/2010. Hal ini ditunjukkan oleh nilai Phi (φ) = 1,044 yang selalu lebih besar dari pada rt pada taraf signifikan 5% = 0,707 dan 1% = 0,834; sehingga Ha yang berbunyi "Terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara kesejahteraan guru (GTT) terhadap kualitas pembelajaran di SMP N 2 Doko Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2009/2010" diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 12 Mar 2015 02:57
Last Modified: 12 Mar 2015 02:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1351

Actions (login required)

View Item View Item