استراتيجيات لترقية دافعية تعليمية اللغة العربية لطلاب الصف الحادى عشر بالمدرسة الثانوية الحكمة لاعكفان بليتار للعام الدراسي 2016/2017 م

MOH. JAMALUDIN AL GHOZALI, 2812133064 (2017) استراتيجيات لترقية دافعية تعليمية اللغة العربية لطلاب الصف الحادى عشر بالمدرسة الثانوية الحكمة لاعكفان بليتار للعام الدراسي 2016/2017 م. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR-ISI.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB-I.pdf

Download (853kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB-II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB-III.pdf

Download (894kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB-IV.pdf

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB-V.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (560kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul Strategi Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Menyenangkan untuk meningkatkan motivasi belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas XI MA AL HIKMAH LANGKAPAN BLITAR Tahun Ajaran 2016/2017. Ini ditulis oleh Moh.Jamaludin Al-Ghozali, NIM. 2812133064, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, yang dibimbing oleh Dr. Sokip, M. Pd.I. Kata kunci: Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM), Motivasi Belajar Bahasa Arab Latar Belakang Masalah: PAKEM merupakan singkatan dari Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Aktif disini bermakna bahwa dalam proses pembelajaran guru harus menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya, mempertanyakan, dan mengemukakan gagasan. Kemudian kreatif dimaksudkan agar guru menciptakan kegiatan belajar yang beragam sehingga memenuhi berbagai tingkat kemampuan siswa. Kemudian efektif disini adalah menghasilkan apa yang harus dikuasai siswa setelah proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan menyenangkan yaitu suasana belajar-mengajar yang menyenangkan sehingga siswa memusatkan perhatiannya secara penuh pada belajar sehingga waktu curah perhatiannya (“time on task”) tinggi. Madrasah Aliyah Al-Hikmah Langkapan merupakan sekolah yang unggul dalam pendidikan agamanya. Meskipun sekolah swasta, namun siswanya cukup memiliki prestasi yang patut dibanggakan oleh lembaga. Selain itu pembinaan dan pembudayaan perilaku-perilaku disiplin diterapkan dari mulai kelas X sampai kelas XII. Kepala sekolah juga melatih siswa-siswinya untuk berperilaku sopan, ramah, dan baik sesuai dengan norma ataupun nilai-nilai agama demi terwujudnya tujuan lembaga yaitu mencetak siswa-siswi yang berakhlaqul karimah. Rumusan Masalah: 1. Bagaimana pelaksanaan proses pembelajaran di kelas, yang meliputi antara lain ; a.) Bagaimana perencanaan pelaksanaan strategi PAKEM dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Arab siswa kelas XI MA Al-Hikmah Langkapan Blitar?; b.) Bagaimana penerapan strategi PAKEM dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Arab siswa kelas XI MA Al-Hikmah Langkapan Blitar?; c.) Bagaimana evaluasi pelaksanaan strategi PAKEM dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Arab siswa kelas XI MA Al-Hikmah Langkapan Blitar? Metodologi Penelitian: (1) Pendekatan dan jenis penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. (2) Lokasi: MA Al-Hikmah Langkapan Blitar. (3) Instrument utama dalam penelitan ini yaitu peneliti sendiri. Sumber data primer; guru dan beberapa siswa, sumber data sekunder; dokumen dan administrasi kegiatan pembelajaran. (4) Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dan dokumentasi. (5) Analisis Data: analisis induktif dan deskriptif. (6) Pengecekan keabsahan data: trianggulasi sumber dan waktu. Hasil Penelitian: 1. Pelaksanaan proses pembelajaran di kelas, yang meliputi antara lain : a). Perencanaan pelaksanaan strategi PAKEM terlaksana dengan baik, yaitu guru bidang studi bahasa Arab melakukan pengajaran melalui kegiatan belajar di kelas, adapun peningkatannya yakni siswa mampu mengikuti proses pembelajaran lebih baik dari sebelumnya dan berjalan lancar sesuai dengan materi ajar. b). Penerapan strategi PAKEM terlaksana dengan baik, peningkatannya yaitu siswa mampu berfikir lebih baik dari sebelumnya serta dapat mempertahankannya, siswa mampu menjadi contoh yang baik bagi temannya yang motivasi belajarnya kurang. Baik dari segi keaktifan, antusias, dan semangat belajar. c). Evaluasi strategi PAKEM juga terlaksana dengan baik, peningkatan dari motivasi belajar bahasa Arab peserta didik lebih baik dari sebelumnya, pemahaman materi pembelajaran siswa juga lebih baik dari sebelumnya, guru mulai sering menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi seperti diskusi kelompok.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Jamal Moh. Jamaludin Al Ghozali 2812133064
Date Deposited: 14 Aug 2020 01:57
Last Modified: 05 May 2021 06:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15976

Actions (login required)

View Item View Item