KOMPETENSI PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT SURAH AL-‘ALAQ

TRIONO, CHOLIF LESPA (2009) KOMPETENSI PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT SURAH AL-‘ALAQ. [ Skripsi ]

[img] Text
ABSTRAK.rtf

Download (21kB)
[img] Text
BAB I.rtf

Download (214kB)
[img] Text
BAB II.rtf

Download (279kB)
[img] Text
BAB III.rtf

Download (329kB)
[img] Text
BAB IV.rtf

Download (210kB)
[img] Text
BAB V.rtf

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.rtf

Download (60kB)
[img] Text
COVER.rtf

Download (8MB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa seorang pendidik dalam melaksanakan tugasnya harus disertai dengan kompetensi yang mana kompetensi itu merupakan modal dasar yang harus dimiliki. Terlebih lagi pendidik dalam pendidikan Islam, karena selain bertanggung jawab kepada peserta didik yang dididiknya, pendidik tersebut juga bertanggung jawab pada Allah SWT. Untuk itu, kompetensi itu harus dimiliki oleh seorang pendidik dalam pendidikan Islam. Dalam hal ini penulis mengkaji kompetensi yang harus dimiliki oleh pendidik dalam pendidikan Islam yang diambil dari sumbernya langsung, yakni Al-Qur’an, yang penulis kontekskan pada surah al-‘Alaq melalui metode maud̄u‘i. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kompetensi pendidik dalam pendidikan Islam? (2) Bagaimana kompetensi pendidik dalam pendidikan Islam dalam konteks pemahaman surah Al-‘Alaq? Adapun yang menjadi tujuan penelitian kepustakaan dalam hal ini adalah (1) untuk mengetahui kompetensi pendidik dalam pendidikan Islam dan (2) untuk mengetahui kompetensi pendidik dalam pendidikan Islam dalam konteks pemahaman surah Al-‘Alaq. Dalam penelitian ini digunakan metode deduktif, metode analisis bahasa dan metode maud̄u‘i/tematik. Metode-metode ini digunakan untuk mengutarakan data yang diambil dari buku-buku yang membahas tentang kompetensi pendidik secara umum, kemudian dianalisis secara khusus. Kemudian juga menarik ayat-ayat dalam al-Qur’an, juga hadits yang berhubungan dengan masalah. Khusus untuk metode maud̄u‘i untuk membahas penafsiran surah Al-‘Alaq yang kemudian dihubungkan dengan kompetensi pendidik dalam pendidikan Islam. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan metode di atas, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Kompetensi pendidik dalam pendidikan Islam adalah Kompetensi Personal-Religius, Kompetensi Sosial-Religius, Kompetensi Profesional-Religius dan Kompetensi Pedagogik-Religius. (2) Kompetensi pendidik dalam pendidik menurut pemahaman surah al-'Alaq meliputi penguasaan ilmu pengetahuan yang sesuai dengan bidangnya dan dilandasi dengan niat yang benar, ikhlas dalam mengajarkan ilmu pengetahuan, pengajaran ilmu pengetahuan sesuai dengan fitrah, menuangkan keilmuan yang dimilikinya dalam bentuk tulisan, sifat sederhana dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, ingat kepada Allah, melarang peserta didik dari akhlak tercela dan konsekuensi dalam menjalankan shalat, berakhlak mulia dan bertaqwa kepada Allah, larangan berdusta, berpaling dari jalan Allah dan mampu mengaktifkan penggunaan akal peserta didik, sikap ihsan dalam kehidupan sehari-hari, menggunakan metode yang tepat, dalam hal ini adalah metode ancaman dan hukuman, pendidik harus selalu beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah..

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 30 Sep 2015 01:36
Last Modified: 30 Sep 2015 01:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2437

Actions (login required)

View Item View Item