استخدام طريقة الأسئلة والأجوبة في تعليم مهارة الكلام لطلاب الصف السابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية دارالحكمة تاونج ساري تولونج أجونج (TULUNGAGUNG) 2022/2021 م

MAULIA AZIZA, 12202173057 (2021) استخدام طريقة الأسئلة والأجوبة في تعليم مهارة الكلام لطلاب الصف السابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية دارالحكمة تاونج ساري تولونج أجونج (TULUNGAGUNG) 2022/2021 م. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (708kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (758kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (941kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (590kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Penerapan Metode Tanya jawab dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VII di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung”. Ditulis oleh Maulia Aziza, NIM :12202173057, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Dosen Pembimbing Muhamad Asngad Rudisunhaji, S.Ag., M.S.I Kata kunci : Pembelajaran Bahasa Arab, Penerapan Metode Tanya Jawab, Keterampilan Berbicara Latar belakang dari penelitian ini adalah untuk melaksanakan sebuah pembelajaran Bahasa Arab, dalam pembelajaran Bahasa Arab ini guru harus memiliki sebuah aspek untuk melaksanakan kegiatan mengajar setiap tatap muka di dalam kelas. Penerapan metode Tanya jawab dalam pembelajaran keterampilan berbicara sangat penting, dalam melatih kemampuan berbicara siswa, serta pemahaman dalam pembelajaran bahasa Arab. MTs Darul Hikmah merupakan MTs yang berada dibawah naungan Pondok Modern Darul Hikmah. Pembelajaran yang keseluruhan menggunakan bahasa Arab dalam kegiatan sehari-hari. Rumusan masalah yaitu : 1.) Bagaimana Penerapan Metode Tanya jawab dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab, 2.) bagaimana masalah-masalah penerapan metode Tanya jawab dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa arab, 3.) bagaimana hasil penerapan metode Tanya jawab dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa arab. Metode penelitian Skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif, jenis penelitian ini penelitian deskriptif. Teknik Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu: reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini peneliti terjun langsung ke lapangan dalam mencari data-data penelitian. Hasil penelitian ini adalah : 1.) Penerapan metode Tanya jawab dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa arab memiliki beberapa aspek, yaitu tata suara, struktur kalimat, kosakata, kefasihan dan kefahaman. Beberapa aspek tersebut adalah proses pembelajaran bahasa arab yang digunakan di MTs Darul Hikmah. Penerapan metode Tanya jawab memerlukan aspek tersebut, agar siswa dapat berani menjawab. Proses penerapan metode Tanya jawab pada awalnya guru menjelaskan materi yang akan dipelajari, dan memberikan tugas untuk dikerjakan oleh siswa. Setelah mengerjakan tugas, guru memberikan pertanyaan secara langsung serta tunjuk langsung. Dalam proses Tanya jawab guru mengulangi pertanyaan sebanyak 3 kali, agar siswa lebih faham dan memberikan sedikit kosakata mudah untuk siswa bisa menjawab. 2.) Masalah-masalah penerapan metode Tanya jawab dalam pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas 7 di MTs Darul Hikmah. Pada setiap pembelajaran, pendidik pasti memiliki masalah dalam mengajar. Pada penerapan metode Tanya jawab disekolah ini masalah-masalah guru dalam menertibkan siswa dalam kegaduhan, kejenuhan, serta meingkatkan keterampilan berbicara 3.) Hasil penerapan metode Tanya jawab dalam keterampilan berbicara siswa kelas 7 di MTs Darul Hikmah. Penerapan metode Tanya jawab menjadikan siswa lebih berani menjawa pertanyaan yang diajukan serta berani berargumentasi sesuai pendapat dan jawaban mereka. Penerapan metode Tanya jawab menjadikan kelas akan hidup karena anak didik aktif berfikir dan menyampaikan pikiran melalui keterampilan berbicara. Penerapan metode Tanya jawab menjadikan Keaktifan siswa dalam pembelajaran bahasa arab, tidak membosankan serta menjadikan siswa lebih semangat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: S1 12202173057 MAULIA AZIZA
Date Deposited: 21 Feb 2022 05:11
Last Modified: 21 Feb 2022 05:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24799

Actions (login required)

View Item View Item