STRATEGI PEMASARAN DALAM PENGGUNAAN LABEL HALAL UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING HOME INDUSTRI (Studi Kasus Home Industri Kerupuk Aneka Rasa Capa Anggur)

YENI KHOIRUNNISA’, 12402173266 (2021) STRATEGI PEMASARAN DALAM PENGGUNAAN LABEL HALAL UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING HOME INDUSTRI (Studi Kasus Home Industri Kerupuk Aneka Rasa Capa Anggur). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (394kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (298kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (778kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (587kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (514kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Dalam Penggunaan Label Halal Untuk Meningkatkan Daya Saing Home Industri (Studi Kasus Home Industri Kerupuk Aneka Rasa Cap Anggur)” di tulis oleh Yeni Khoirunnisa’, NIM.12402173266, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi Syariah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Kutbuddin.Aibak, S.Ag., M.H.I NIP. 197707242003121006 Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi bahwa masalah persaingan antar perusahaan mengharuskan perusahaan terus-menerus melakukan perbaikan dalam mutu barang dan layanan serta pencantuman label halal terhadap kemasan produk sangat berpengaruh untuk minat beli konsumen karena dengan adanya sertifikat halal yang didapatkan oleh pemilik usaha juga akan menghasilkan nilai tambah bagi perusahaan tersebut. Tujuan dalam penelitian dengan menggunakan obyek Home Industri Aneka Rasa Cap Anggur adalah (1). Untuk menjelaskan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan dalam penggunaan label halal dan meningkatkan daya saing home industri kerupuk aneka rasa cap anggur Desa Sareng Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. (2).Untuk menjelaskan dampak dari penggunaan label halal dalam meningkatkan daya saing pada home industri kerupuk aneka rasa cap anggur Desa Sareng Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif . Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekuder. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi.teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu condensation, data display danconclusiondrawing/verification. Teknik pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan Triangulasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pertama, Strategi perencanaan: melakukan analisis atau survei ke konsumen untuk mengetahaui faktor-faktor minat beli konsumen, salah satu faktornya yaitu pencantuman label halal dalam kemasan produk, merencanakan proses pelaksanaan, dan tujuan beserta sasaran dari perencaan, kedua, pelaksanaan: home industri kerupuk aneka rasa cap anggur pelaksanaan dalam pencantuman label halal sejak tahun 2008 dan setiap dua tahun sekali harus dilakukannya permohonan atau pemberahuan sertifikat halal jika tidak dilakukan pemberahuan sertifikat halal maka hak atas pencantuman label sudah tidak berlaku, ketiga, pengawasan: pihak yang terlibat dalam pengawasan untuk mempertanggung jawabkan sertifikat halal yang diterapkan home industri kerupuk aneka rasa cap anggur yaitu pihak Majelis Ulama Indonesia, masyarakat dan pemilik home industri. (2). Dampak yang dirasakan oleh home industri kerupuk aneka rasa cap anggur dari penggunaan label halal dalam meningkatkan daya saing yaitu meningkatkan kepercayaan konsumen dan memperngaruhi pendapatan. Kata kunci: Strategi pemasaran, Label halal, Daya saing home industri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Promosi
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: STRATEGI P 12402173266 YENI KHOIRUNNISA'
Date Deposited: 22 Mar 2022 04:16
Last Modified: 22 Mar 2022 04:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25301

Actions (login required)

View Item View Item