NURIL LAILIN FAROH MAINI, 12205173023 (2021) IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (596kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (933kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (420kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (458kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (346kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (378kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan jurul “Implementasi Program Tahfidzul Qur’an dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Nuril Lailin Faroh Maini, NIM. 12205173023, pembimbing Dr. Hj, Sulistyorini M, Ag Kata Kunci: Prestasi Belajar Siswa, Tahfidzul Qur’an Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pada zaman seperti sekarang ini banyak lembaga pendidikan dasar yang menerapkan program tahfidzul Qur’an, tetapi jarang diantara Lembaga tersebut yang menerapkan program tahfidzul Qur’an guna meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-ur’an Hadis, di MI Roudlotul Ulum Jabalsari program tahfidzul Qur’an dalam pelaksanaanya memperhatikan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana implementasi program tahfidzul Qur’an dalam meningkatkan prestasi belajar kognitif siswa pada mata pejaran Al-Qur’an Hadis? (2) Bagaimana implementasi program tahfidzul Qur’an dalam meningkatkan prestasi belajar Afektif siswa pada mata pejaran Al-Qur’an Hadis? (3) Bagaimana implementasi program tahfidzul Qur’an dalam meningkatkan prestasi belajar Psikomotor siswa pada mata pejaran Al-Qur’an Hadis? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analsisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, penggunaan bahan referensi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Peningkatan prestasi belajar kognitif siswa adalah dengan cara memberikan pendampingan kepada siswa saat pelaksanaan program tahfidzul Qur’an, memberikan contoh bacaan disertai hukum bacaan yang baik dan benar, menyelipkan cerita-cerita yang berhubungan dengan ayat-ayat yang sedang dihafalkan, dan peran dari guru agama dalam menjadi fasilitator siswa dalam belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. (2) Melatih siswa untuk bersikap jujur, disiplin dan tagging jawab dengan cara memberikan tugas muroja’ah kepada siswa setiap hari sebagai bentuk tanggung jawab terhadap hafalan yang telah didapatkannya, mengirimkan foto atau vidio saat siswa melakukan hafalan dan mengirimkan hasilnya ke guru, serta memberikan nasehat. (3) Keterampilan membaca dan menulis ditingkatkan dengan cara memberikan contoh bacaan yang baik dan benar sesuai dengan hukum bacaan, menggunakan metode gabungan dari metode wahdah, sima’i, dan khitabah, memberikan tugas muroja’ah kepada siswa setiap hari dan mengirimkan tugas hafalannya kepada guru untuk dibenahi, serta melakukan hafalan setiap selesai sholat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Quran Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | s. Pd 12205173023 NURIL LAILIN FAROH MAINI |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 02:53 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 02:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25322 |
Actions (login required)
View Item |