قيبطت ةليسو باستاو في ميلعت تادرفلدا لصفلل عباسلا ةسردلدبا ةطسوتلدا لإاةيملاس راد ملاسلا جنولوت جنوجا

SULIZA DWI KHUMAIDAH, 12202173059 (2022) قيبطت ةليسو باستاو في ميلعت تادرفلدا لصفلل عباسلا ةسردلدبا ةطسوتلدا لإاةيملاس راد ملاسلا جنولوت جنوجا. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABTRAK.pdf

Download (813kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (840kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (777kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (631kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi Media WhatsApp dalam Pembelajaran Mufrodat bagi Siswa Kelas VII MTs Darussalam Tulungagung”, ditulis oleh Suliza Dwi Khumaidah, NIM: 12202173059, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Pembimbing: Dr. H. Kojin, M.A. Kata kunci: WhatsApp, pembelajaran mufrodat, bahasa Arab Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa di era teknologi seperti sekarang ini, banyak media belajar yang sangat bermanfaat. Salah satu dari teknologi canggih di era sekarang ini adalah perangkat smartphone. Dengan perangakat tersebut, dapat dilangsungkan pembelajaran online dengan lebih mudah terutama pada penggunaan aplikasi WhatsApp, tentu ada beberapa kendala dalam proses pendidikan tersebut pendukungnya. Oleh karena itu, peneliti merasa perlu untuk melakukan penelitian yang mendalam tentang bagaimana penggunaan media pembelajaran WhatsApp dalam pembelajaran mufrodat dan faktor-faktor yang menghambat serta yang mendukung pada proses pembelajaran tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi media WhatsApp dalam pembelajaran mufrodat siswa kelas VII di MTs Darussalam Tulungagung? (2) Apa saja faktor penghambat dalam proses pembelajaran mufrodat melalui WhatsApp untuk siswa kelas VII di MTs Darussalam Tulungagung? (3) Apa faktor pendukung dalam proses pembelajaran mufrodat di WhatsApp untuk kelas tujuh di MTs Darussalam Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi, perpanjangan penelitian, pengecekan rekan sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan media WhatsApp dalam pembelajaran mufrodat untuk kelas VII di MTs Darussalam Tulungagung diawali dengan pendahuluan yaitu salam dan tanya jawab tentang segala kabar dan pemeriksaan kehadiran, kemudian proses pengajaran utama, yaitu penyampaian materi pelajaran berupa video, gambar, pesan audio atau file pdf, dan memberikan kesempatan untuk bertanya bila ada kesulitan dan memberikan tugas harian, kemudian diakhiri dengan penilaian, apresiasi dan motivasi agar siswa lebih semangat belajar, dan salam penutup dengan salam di akhir pelajaran. (2) Faktor penghambat dalam proses pembelajaran Mufrodat di WhatsApp untuk kelas VII di MTs Darussalam Tulungagung adalah indikasi belum sepenuhnya tersedianya pendidikan, kesulitan dalam memahami materi ajar, kurangnya disiplin siswa , kurangnya pengawasan langsung guru dalam pendidikan, keberadaan telepon genggam untuk melaksanakan pendidikan, pengabaian pekerjaan sehari-hari, dan kurangnya semangat siswa. (3). Faktor pendorong dalam proses pembelajaran Mufrodat di WhatsApp untuk kelas VII di MTs Darussalam Tulungagung adalah fasilitas yang tersedia bagi guru di sekolah tersebut dan adanya bantuan biaya internet dari pemerintah dan bantuan dari pihak sekolah. Internet BWI di sekolah dan buku pelajaran yang tersedia dari sekolah cocok untuk proses pendidikan Pembelajaran Mufrodat di WhatsApp.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi Informasi
Ilmu Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: S1 12202173059 SULIZA DWI KHUMAIDAH
Date Deposited: 14 Jun 2022 06:35
Last Modified: 14 Jun 2022 06:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26147

Actions (login required)

View Item View Item