penerapan pembelajaran matematika pada materi logika matematika dengan metode silih tanya berbantuan kartu model untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MA PSM Mirigambar

Mei, Eka Arianto (2014) penerapan pembelajaran matematika pada materi logika matematika dengan metode silih tanya berbantuan kartu model untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MA PSM Mirigambar. [ Skripsi ]

[img] Text
ABSTRAK ind.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB II HBIN.docx baru.docx

Download (102kB)
[img] Text
BAB III.docxbaru.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB IV revisi.docx

Download (76kB)
[img] Text
BAB V rev.docx

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR ISI siap.docx

Download (30kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci : pembelajaran matematika, metode silih tanya, kartu model, hasil belajar. Di era globalisasi, yang ditandai oleh pesatnya perkembangan teknologi dan informasi, tantangan generasi mendatang lebih berat dibandingkan dengan generasi terdahulu. Sehingga generasi muda harus dibekali ilmu dan keterampilan hidup yang sesuai dengan tantangan ke depan. Salah satu pembekalan yang strategis adalah melalui proses pembelajaran di sekolah. Pembelajaran di sekolah yang dapat memberikan ilmu dan keterampilan hidup untuk kreatif, kompetitif, dan kooperatif serta dilakukan secara terpadu adalah pembelajaran matematika dengan metode silih tanya antar siswa berbantuan kartu model. Karena itu, dalam penelitian ini akan dikaji pembelajaran matematika dengan metode silih tanya antar siswa berbantuan kartu model. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana langkah-langkah pembelajaran matematika pada materi logika matematika dengan metode silih tanya antar siswa berbantuan kartu model yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MA PSM Mirigambar? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar matematika pada materi logika matematika setelah diterapkan pembelajaran matematika dengan metode silih tanya antar siswa berbantuan kartu model kelas X MA PSM Mirigambar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah Mendiskripsikan langkah-langkah pembelajaran dan peningkatan hasil belajar matematika pada materi logika matematika dengan metode silih tanya antar siswa berbantuan kartu permainan yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MA PSM Mirigambar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan di MA PSM Mirigambar. Pengambilan data dalam penelitian ini meliputi tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas X – B MA PSM Mirigambar setelah diterapkannya metode pembelajaran silih tanya antar siswa berbantuan kartu model. Hasil pre-test dengan nilai rata-rata 53,20 serta presentase ketuntasan belajar 12 %, meningkat pada akhir tindakan siklus I rata-rata nilai menjadi 73,20 dengan presentase ketuntasan belajar 48 %, dan semakin meningkat lagi setelah dikenakan tindakan siklus II yaitu rata-rata nilai kelas menjadi 83,36 dengan ketuntasan belajar 92 %.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 10 Feb 2015 06:49
Last Modified: 10 Feb 2015 06:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1174

Actions (login required)

View Item View Item