EFEKTIFITAS PERAN GURU PENDAMPING TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA TAMAN KANAK-KANAK DI TK AL HIDAYAH KANIGORO 03 BLITAR

DHAWIL ANISSAH, 17206163027 (2020) EFEKTIFITAS PERAN GURU PENDAMPING TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA TAMAN KANAK-KANAK DI TK AL HIDAYAH KANIGORO 03 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektifitas Peran Guru Pendamping Terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pada Taman Kanak-Kanak Di TK Al Hidayah Kanigoro 03 Blitar” ini ditulis oleh Dhawil Anissah, NIM.17206163027, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang di bimbing oleh Bapak Dr. Fathul Mujib, M.Ag. Kata kunci : Guru Pendamping , Kualitas Pembelajaran Dalam pendidikan Taman Kanak-kanak terdapat Guru Inti dan Guru Pendamping. Kewajiban guru pendamping adalah menjadi teladan bagi pembentukan karakter anak, membantu guru dalam menyusun rencana pembelajaran, membantu mengelola kegiatan bermain sesuai dengan tahapan dan perkembangan anak, membantu dalam melakukan penilaian tahapan perkembangan anak. Tujuan umum penelitian ini untuk mengetahui apakah efektivitas peran guru pendamping terhadap peningkatan kualitas pembelajaran pada Taman Kanak-kanak di TK Al Hidayah Kanigoro 03 Blitar. Dan secara khusus bertujuan untuk mengetahui apakah peran guru pendamping dalam proses perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan kualitas hasil pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1 ) Bagaimana efektifitas peran guru pendamping terhadap peningkatan kualitas proses pembelajaran pada taman kanak-kanak di TK Al-Hidayah Kanigoro 03 Blitar? (2) Bagaimana efektifitas peran guru pendamping terhadap peningkatan kualitas hasil pembelajaran pada taman kanak-kanak di TK Al-Hidayah Kanigoro 03 Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas peran guru pendamping terhadap peningkatan kualitas pemeblajaran pada taman kanak-kanak di Tk Al Hidayah Kanigoro 03 Blitar. Dalam penelitian ini digunakan jenis pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Metode observasi dan angket untuk mengetahui efektifitas peran guru pendamping terhadap peningkatan kualiats pembelajaran dan dokumentasi digunakan untuk mencari informasi data tentang populasi, sampel, sarana, prasarana serta dokumen yang ada di lembaga. Uji yang digunakan dalam penelitian ini dengan uji independent T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada efektifitas peran guru pendamping terhadap peningkatan kualitas pembelajaran dengan uji independent sig 0,00 < 0,05 sehingga Ha dapat diterima. Hasil pembahasan dan analisis yang dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai rata-rata presentase efektivitas peran guru pendamping dalam membantu pembelajaran yaitu 82,3 dalam kategori sangat efektif, sehingga dapat disimpulkan bahwa peran guru pendamping sangat efektif terhadap kualitas pembelajaran pada Taman Kanak-kanak di TK Al Hidayah Kanigoro 03 Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: DHAWIL ANISSAH 17206163027
Date Deposited: 06 Aug 2020 01:43
Last Modified: 07 May 2021 03:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15939

Actions (login required)

View Item View Item