EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DITINJAU DARI KREATIVITAS HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL SISWA KELAS VIII-C SMP ISLAM AL-AZHAAR TULUNGAGUNG

ZULVA, MUMAZIZATUL HASANAH (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DITINJAU DARI KREATIVITAS HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL SISWA KELAS VIII-C SMP ISLAM AL-AZHAAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB. AWAL.pdf

Download (851kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB. INTI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover besar.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran 1-8.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 10 RPP.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 11.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 12.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran 13.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 14.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 15 guru.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 19 soal.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 25 kartu bimbingan.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 26 keaslian tlisan.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 27 Riwayat Hdup.pdf

Download (43kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ““Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau Dari Kreativitas Hasil Belajar Pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Siswa Kelas VIII-C SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung”.Tahun Ajaran 2014/2015” ini ditulis oleh Zulva Mumazizatul Hasanah dibimbing oleh Syaiful Hadi, M.Pd Kata kunci:Efektivitas, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kreativitas Hasil Belajar, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Pada kenyatanya dilapangan, jika siswa menemui masalah dalam kehidupan nyata yang berkaitan dengan menghafal konsep, mereka kurang mampu menggunakan konsep tersebut. Bahkan siswa kurang mampu menentukan masalah dan merumuskannya. Berbicara mengenai proses pembelajaran sering kali membuat kita kurang puas apalagi jika dikaitkan dengan hasil belajar siswa pada materi tersebut. Oleh karenanya, penggunaan model pembelajaran yang sesuai diharapkan dapat memberikan stimulus terhadap siswa sehingga siswa dapat menerima pelajaran yang diberikan. Sehingga dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dimana model pembelajaran tersebut menyajikan masalah dalam kehidupan nyata sehingga dapat merangsang siswa untuk belajar. Model pembelajaran ini juga dirancang agar siswa mahir dalam memecahkan masalah. Adapun tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam penggunaan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok Sistem Persamaan Linier Dua Variabel siswa kelas VIII SMP Islam Al Azhaar Tulungagung. 2) Mendeskripsikan aktivitas siswa dalam penggunaan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok Sistem Persamaan Linier Dua Variabel siswa kelas VIII SMP Islam Al Azhaar Tulungagung. 3) Mendeskripsikan kreativitas hasil belajar siswa pada materi pokok Sistem Persamaan Linier Dua Variabel dengan model pembelajaran berbasis masalah siswa kelas VIII SMP Islam Al Azhaar Tulungagung. 4) Mendeskripsikan respon siswa pada pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok Sistem Persamaan Linier Dua Variabel siswa kelas VIII SMP Islam Al Azhaar Tulungagung. 5) Mendeskripsikan efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah ditinjau dari Kreativitas Hasil Belajar Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Peneliti sebagai pengamat penuh dalam penggalian data. Data dikumpulkan dengan observasi, tes, angket dan wawancara. Temuan peneliti mengenai Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah ditinjau dari Kreativitas Hasil Belajar Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII-C di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung yakni selain model pembelajaran bebasis masalah, peneliti mendapat informasi bahwa pembelajaran disana juga menggunakan metode ceramah. Selain itu, dapat peneliti simpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah efektif pada kreativitas hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan kriteria-kriteria efektivitas diantaranya: 1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sudah sangat baik dengan didukung dari hasil rata-rata dari tiga kegiatan observasi yakni diperoleh hasil 92,11%. 2)Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran juga sangat baik dengan didukung dari hasil observasi siswa yang telah dilakukan peneliti. Kemudian didapat rata-rata dari keseluruhan observasi siswa yakni diperoleh 87,67%. 3)Kreativitas hasil belajar siswa pada materi pokok Sistem Persamaan Linier Dua Variabel yaitu dari hasil temuan penelitian adalah komponen kreativitas yang sering peneliti temukan untuk mencapai tingkat 3 dari beberapa siswa yaitu kefasihan dan fleksibilitas. Kemudian dari komponen kreativitas selanjutnya diketahui dari tingkat berpikir kreatif siswa yakni mencapai tingkat 4 namun, yang paling dominan yakni pada tingkat 3. 4)Berdasarkan respon siswa pada pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah padaa materi pokok Sistem Persamaan Linier Dua Variabel yakni diperoleh bahwa respon positif. Hal itu dilihat dari respon siswa menunjukkan bahwa adanya kriteria kreativitas dalam respon siswa, adanya manfaat positif dan tidak adanya respon negative dalam model pembelajaran berbasis masalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: ZULVA MUMAZIZATUL HASANAH
Date Deposited: 24 Aug 2015 04:36
Last Modified: 24 Aug 2015 04:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1772

Actions (login required)

View Item View Item