PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR IPS SISWA KELAS VII MTS IMAM AL-GHOZALI PANJEREJO

MOCH. IRFAN WAHYU PRAYOGA, 17209153026 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR IPS SISWA KELAS VII MTS IMAM AL-GHOZALI PANJEREJO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (840kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (33kB)

Abstract

kata kunci : Model pembelajaran CTL, Hasil dan Minat Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo, dalam penyampaian materi masih menggunakan gaya konvesional dan siswa ditekan untuk menghafal materi IPS. Sehingga siswa menjadi terbebani dan akhirnya hasil dan minat belajar terhadap IPS menurun. mengingat hal tersebut, perlu penyikapan dari seorang guru untuk mengubah gaya dalam penyampaian materi sehingga dapat menarik siswa, sehingga hasil dan minat belajar terhadap IPS meningkat. Oleh karena itu, di perlukan suatu model pembelajaran yang memberikan kesempatan siswa untuk menemukan konsep-konsep sendiri dan memahami materi, salah satunya adalah Contextual Teaching and Learning. Model pembelajaran ini di kembangkan untuk melatih siswa terhadap sikap dan daya kritis siswa dalam mengaitkan materi ke dalam dunia nyata. Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning sangat baik digunakan untuk siswa dalam mengulang yang telah disampaikan. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap minat belajar siswa kelas VII MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo 3) Untuk Mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil dan minat belajar siswa kelas VII MTs Imam Al-Ghozalu Panjerejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian quasi experimen design, dengan desain Pre-Test dan PostTest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo yang berjumlah 16 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik keseluruhan pada populasi. Teknik dan pengumpulan data melalui 1) Test 2) Angket 3) Observasi 4) Dokumentasi, dan analisis data menggunakan Uji-t-Test dan Uji MANOVA. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur minat dan hasil belajar berupa PreTest dan PostTest. Instrumen soal sebelum digunakan untuk mencari data dan untuk mendapatkan data obejektif terlebih dahulu dilakukan validitas dan reliabilitas. setelah data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar. hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistic sebesar 0,211 > 0,05 terhadap hasil belajar, (2) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap minat belajar. hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistic sebesar 0,100 > 0,05 terhadap minat belajar, (3) Ada, pengaruh yang signifikan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil dan minat belajar. hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistic sebesar 0,000 < 0,05 terhadap hasil dan minat belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: mahasiswa 17209153026 Moch. Irfan Wahyu Prayoga
Date Deposited: 21 Jan 2021 07:40
Last Modified: 28 Apr 2021 03:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17742

Actions (login required)

View Item View Item