PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN PARTISIPASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDI BAYANUL AZHAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

NURUL FATMAWATI, 12205173031 (2021) PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN PARTISIPASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDI BAYANUL AZHAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (41kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (330kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)

Abstract

Nurul Fatmawati, 12205173031, 2021 “Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Partisipasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung Tahun Pelajaran 2020/2021” Pembimbing: Dr.H Mochamad Arif Faizin, M.Ag. dan Alm.Prof. Dr. H. Muwahid Shulhan, M.Ag. Kata Kunci: Kecerdasan Intrapersonal, Partisipasi Belajar, Prestasi Belajar pada Pembelajaran Tematik. Pengaruh kecerdasan intrapersonal dan partisipasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik adalah suatu kondisi pengelolaan pemahaman siswa terhadap dirinya sendiri yang di implementasikan melalui segala bentuk kegiatan belajar, baik saat berada di dalam kelas maupun di luar kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung Tahun Pelajaran 2020/2021. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung tahun pelajaran 2020/2021? (2) Adakah pengaruh partisipasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung tahun pelajaran 2020/2021? (3) Adakah pengaruh kecerdasan intrapersonal dan partisipasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung tahun pelajaran 2020/2021? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung tahun pelajaran 2020/2021. (2) Untuk mengetahui pengaruh partisipasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung tahun pelajaran 2020/2021. (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kecerdasan intrapersonal dan partisipasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung tahun pelajaran 2020/2021.Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Metode pengumpulan data dalam penelitia ini ialah (1) Kuesioner (angket) (2) dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regress berganda. Berdasarkan analisis data yang didapatkan: (1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa t_hitung sebesar 4,828 sedangkan t_tabel 2,000. Nilai signifikansi t untuk variabel kecerdasan intrapersonal adalah 0,000 dan nilai tersebut kurag dari probabilitas 0,05 dimana 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik. (2) ) Hasil penelitian menunjukkan bahwa t_hitung sebesar 7,853 sedangkan t_tabel 2,000. Nilai signifikansi t untuk variabel kecerdasan intrapersonal adalah 0,000 dan nilai tersebut kurang dari probabilitas 0,05 dimana 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik. (3) berdasarkan perhitungan menunjukkan F_hitung > F_tabel dimana 30,480 > 3,998 dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh kurang dari probabilitas α yang ditetapkan (0,000 < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kecerdasan intrapersonal dan partisipasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173031 NURUL FATMAWATI
Date Deposited: 12 Aug 2021 03:53
Last Modified: 12 Aug 2021 03:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20531

Actions (login required)

View Item View Item