PENGARUH PENGETAHUAN AKUNTANSI, PENGALAMAN USAHA, SKALA USAHA DAN BUDAYA PERUSAHAAN TERHADAP PERSEPSI PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI DESA RESAPOMBO KECAMATAN DOKO KABUPATEN BLITAR

FATIMAH NISYAPURI, 12403173070 (2021) PENGARUH PENGETAHUAN AKUNTANSI, PENGALAMAN USAHA, SKALA USAHA DAN BUDAYA PERUSAHAAN TERHADAP PERSEPSI PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI DESA RESAPOMBO KECAMATAN DOKO KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (531kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (113kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Pengalaman Usaha, Skala Usaha dan Budaya Perusahaan terhadap Persepsi Penggunaan Informasi Akuntansi pada UMKM di Desa Resapombo Kecamatan Doko Kabupaten Blitar” ini di tulis oleh Fatimah Nisyapuri, NIM. 12403173070, Jurusan Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Dyah Pravitasari, S.E., M.S.A. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya persepsi postif atas penggunaan informasi akuntansi pada UMKM. Persepsi penggunaan informasi akuntansi dapat dilihat dari banyaknya pengetahuan akuntansi dan pengalaman usaha yang dimiliki pelaku UMKM, selain itu juga dapat dilihat dari skala atau besar kecilnya usaha yamg dijalankan serta budaya yang diterapkan dalam perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Menganalisis pengaruh pengetahuan akuntansi terhadap persepsi penggunaan informasi akuntansi pada UMKM di desa Resapombo. (2) Menganalisis pengaruh pengalaman usaha terhadap persepsi penggunaan informasi akuntansi pada UMKM di desa Resapombo. (3) Menganalisis pengaruh skala usaha terhadap persepsi penggunaan informasi akuntansi pada UMKM di desa Resapombo. (4) Menganalisis pengaruh budaya perusahaan terhadap persepsi penggunaan informasi akuntansi pada UMKM di desa Resapombo. (5) Menganalisis pengetahuan akuntansi, pengalaman usaha, skala usaha dan budaya perusahaan secara bersama-sama terhadap persepsi penggunaan informasi akuntansi pada UMKM di desa Resapombo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Pengambilan Sampel menggunakan metode sampel jenuh. Data yang digunakan adalah data primer. Metode analisis data yang digunakan adalah uji K-Related Samples yang diuji dengan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengetahuan akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi penggunaan informasi akuntansi pada UMKM di desa Resapombo. (2) Pengalaman usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi penggunaan informasi akuntansi pada UMKM di desa Resapombo. (3) Skala usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi penggunaan informasi akuntansi pada UMKM di desa Resapombo, (4) budaya perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi penggunaan informasi akuntansi pada UMKM di desa Resapombo, (5) pengetahuan akuntansi, pengalaman usaha, skala usaha dan budaya perusahaan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi penggunaan informasi akuntansi pada UMKM di desa Resapombo. Kata Kunci: Pengetahuan Akuntansi, Pengalaman Usaha, Skala Usaha, Budaya Perusahaan dan Persepsi Penggunaan Informasi Akuntansi

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: S1 12403173070 Fatimah Nisyapuri
Date Deposited: 01 Sep 2021 04:14
Last Modified: 01 Sep 2021 04:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21591

Actions (login required)

View Item View Item