PEMANFAATAN MEDIA BARU INSTAGRAM SEBAGAI DISEMINASI PESAN ACARA TALKSHOW BABE (BELAJAR BARENG) RADIO GENIUS FM

MUHAMMAD NASRUL RIFAI, 17304163058 (2019) PEMANFAATAN MEDIA BARU INSTAGRAM SEBAGAI DISEMINASI PESAN ACARA TALKSHOW BABE (BELAJAR BARENG) RADIO GENIUS FM. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (737kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)

Abstract

ABSTRAK Rifai, Muhammad Nasrul, 2020, Pemanfaatan Media Baru Sebagai Diseminasi Pesan Acara Talkshow Babe (Belajar Bareng) Pada Akun Instagram Radio Genius FM, Skripsi, Pembimbing: Dr. Mulia Ardi M.Phil. Media baru lahir seiring berkembangnya media komunikasi dan informasi dengan kebaruannya dibanding media konvensional. Media baru identik dengan sebuah media yang memanfaatkan media digital, internet, dan telekomunikasi. Adanya media baru juga berpengaruh terhadap perkembangan media massa radio. Terlebih lagi sebuah radio komunitas yang memiliki fasilitas dan daya jangkauan lebih rendah dibanding radio komersil sehingga harus ikut berkembang dan memanfaatkan media digital untuk menjaga eksistensinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang melatarbelakangi Radio Genius FM memanfaatkan media baru Instagram dan bagaimana Radio Genius FM memanfaatkan media ini sebagai diseminasi pesan program acara talkshow BaBe. Tujuan adanya penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pemanfaatan media baru dalam ketepatan dan keefektifan penyebaran pesan komunikasi Radio Genius FM dalam acara talkshow BaBe. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma penelitian konstruktivis dimana peneliti terjun langsung ke lokasi penelitian.Pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dibantu dengan dokumentasi sebagai bukti dari penelitian ini. Metode analisis data menggunakan model Miles dan Hubberman, dimana metode reduksi digunakan untuk memilah dan menggolongkan data pada kategori tertentu, menyajikan data dengan metrik baris kolom, dan mengambil kesimpulan dari data yang sudah dikelompokkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media baru oleh Radio Genius FM dilatarbelakangi sejumlah faktor,antara lain(a) Pemanfaatan media baru sebagai bentuk pembaruan dari media analog ke media digital untuk tetap menjaga eksistensi radio (b) Menyasar segmentasi dari kalangan muda (c) media yang efektif sebagai pengelola dan penyebaran pesan (d) Media yang murah dan mudah (e) Menjaga eksistensi radio di zaman digital.Pemanfaatan media Instagram beserta fitur-fitur di dalamnya antara lainpost foto, arroba, tagar, insight, story, dan siaran langsung dimanfaatkan secara menyeluruh dan efektif sehingga mampu menjangkau pasar yang luas serta mampu mempengaruhi proses penyebaran pesan menjadi lebih mudah dan murah,keefektifan jangkauan tersebut juga bisa dilihat dari ketertarikan pendengar dengan sosial media Instagram @genius_fm. Kata Kunci: Radio, Media Baru, Instagram,

Item Type: Skripsi
Subjects: Penyiaran Islam
Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: S.Sos 17304163058 Muhammad Nasrul Rifai
Date Deposited: 10 Sep 2021 07:24
Last Modified: 10 Sep 2021 07:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22019

Actions (login required)

View Item View Item