PENERAPAN STRATEGI MARKETING MIX BERBASIS MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA TOKO ONLINE SAYURAYA KEDIRI

ADISA ZAHWA SALSABILLIA, 12405193320 (2023) PENERAPAN STRATEGI MARKETING MIX BERBASIS MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA TOKO ONLINE SAYURAYA KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (425kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (442kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (507kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (492kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Strategi Marketing Mix Berbasis Media Sosial terhadap Minat Beli Konsumen pada Toko Online Sayuraya Kediri” yang ditulis oleh Adisa Zahwa Salsabillia, NIM 12405193320, pembimbing Fitrianatsany, S.Sos., M.A,. Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin pesatnya perkembangan teknologi komunikasi pada dunia bisnis akibat dari pengaruh globalisasi. Teknologi komunikasi yang sedang banyak diminati saat ini adalah media sosial. Banyaknya masyarakat yang mengakses media sosial memberikan peluang besar untuk pelaku usaha bisa memasarkan produknya, salah satunya toko online Sayuraya Kediri yang menggunakan media sosial untuk produnya. Penerapan strategi pemasaran yang tepat diharapkan mampu menarik minat beli konsumen. Maka dari itu penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai penerapan strategi marketing mix berbasis media sosial yang bertujuan untuk menarik minat beli konsumen. Pada penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari wawancara dengan pemilik, karyawan bagian pemasaran, dua pelanggan, dan dua calon konsumen toko online Sayuraya Kediri. Sedangkan, analisis yang digunakan adalah analisis data model Miles and Huberman yang mana aktivitas dalam analisisnya meliputi pengumpulan data, perangkuman data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi marketing mix berbasis media sosial yang diterapkan oleh toko online Sayuraya Kediri sudah menerapkan empat komponen yaitu, product, price, place, promotion dengan cukup baik. Dibuktikan dengan produk yang bervariasi dan berkualitas, penamaan merek yang mudah diingat, packaging yang rapi dan menarik, penggunaan fitur-fitur Instagram, harga yang sesuai dengan kualitas, penggunaan saluran distribusi langsung tanpa perantara, sering melakukan interaksi dengan konsumen di Instagram, melakukan iklan yang bersifat memberikan informasi, sering memberikan voucer dan diskon, serta berkolaborasi dengan salah satu restoran cepat saji yang ada di Kota Kediri. 2) Penerapan strategi marketing mix berbasis media sosial yang diterapkan oleh toko online Sayuraya Kediri sudah mampu membuat konsumen memiliki minat beli. Tetapi, terdapat dua hal yang masih perlu diperbaiki yaitu komponen product pada unsur label yang dibuktikan dengan belum adanya pelabelan pada kemasan dan komponen price yang dibuktikan dengan banyaknya biaya operasional yang membuat harga produk toko online Sayuraya Kediri lebih mahal dari pada harga produk yang ada di pasar tradisional. Kata Kunci : Marketing Mix, Strategi, Minat Beli Konsumen

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > Promosi
Ekonomi > Toko Online
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405193320 Adisa Zahwa Salsabillia
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:06
Last Modified: 08 Jun 2023 03:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36161

Actions (login required)

View Item View Item