ANI WACHIDATUL CHUSNA, 12202173082 (2021) استخدام كتاب "الأمثلة التصريفية" في تعليم الصرف لطلاب الصف الثامن بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الأولى بليتار للعام الدراسي ٢۰٢۰/٢۰٢۱ م. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (11MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (3MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (3MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Sripsi dengan judul “Penggunaan Kitab Al-Amtsilah Al-Tashrifiyyah pada Pembelajaran Shorof (Morfologi Bahasa Arab) untuk Siswa Kelas VIII di MTsN 1 Blitar Tahun Ajaran 2020/2021.” Ditulis oleh Ani Wachidatul Chusna, NIM 12202173082, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh: Dr. Hj. Anin Nurhayati, M.Pd.I. Kata Kunci: Kitab Al-Amtsilah Al-Tashrifiyyah, Pembelajaran Shorof (Morfologi Bahasa Arab) Pentingnya ilmu Shorof telah mendorong terciptanya beebrapa kitab Shorof sebagai acuan dalam mempelajari ilmu shorof. Salah satu kitab Shorof yang sangat terkenal di lembaga pendidikan Islam adalah kitab “Al-Amtsilah AlTashrifiyyah” karya KH. Muhammad Ma’sum bin Ali. Salah satu lembaga yang menggunakan kitab tersebut dalam pembelajaran adalah MTsN 1 Blitar. Pembelajaran kitab Al-Amtsilah Al-Tashrifiyyah di lembaga formal dengan siswa yang berbeda latar belakangnya mulai dari pendidikan berbasis Islam dan dari non pendidikan berbasis Islam tentu menjadi tantangan tersendiri bagi seorang guru. Rumusan Masalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Shorof (Morfologi Bahasa Arab) dengan menggunakan kitab Al-Amtsilah Al-Tashrifiyyah untuk siswa kelas VIII di MTsN 1 Blitar tahun ajaran 2020/2021?. 2) Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam pembelajaran shorof (morfologi bahasa Arab) dengan menggunakan kitab Al-Amtsilah Al-Tashrifiyyah untuk siswa kelas VIII di MTsN 1 Blitar?. Tujuan Penelitian: 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Shorof (Morfologi Bahasa Arab) dengan menggunakan kitab Al-Amtsilah AlTashrifiyyah untuk siswa kelas VIII di MTsN 1 Blitar tahun ajaran 2020/2021. 2) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung dalam pembelajaran shorof (morfologi bahasa Arab) dengan menggunakan kitab Al-Amtsilah AlTashrifiyyah untuk siswa kelas VIII di MTsN 1 Blitar tahun ajaran 2020/2021. Metodologi Penelitian: 1) Pendekatan yang digunakan adalah Pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, 2) Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, 3) Metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil Penelitian: 1) Pelaksanaan pembelajaran Shorof menggunakan kitab Al-Amtsilah Al-Tashrifiyyah untuk siswa kelas VIII di MTsN 1 Blitar tahun ajaran 2020/2021 juga memperhatikan rencana pelaksanaan pembelajaran, metode pembelajaran, serta evaluasi. Tujuan dari pembelajaran ini adalah siswa mampu memahami serta dapat membedakan bentuk kalimat, perubahannya, serta sighatnya. Materinya sesuai dengan yang tersaji dalam kitab Al-Amtsilah Al-Tashrifiyyah. Sedangkan metode yang digunakan yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode drill (menghafal wazan). Adapun strategi yang digunakan adalah deduktif, dimana pembelajaran dimulai dengan penyajian kaidah terlebih dahulu kemudian contoh-contohnya. Teknik pembelajaran yang digunakan beragam sesuai dengan rata-rata kemampuan dan minat siswa pada suatu kelas. Evaluasi pembelajaran meliputi Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), serta Penilaian Akhir Semester (PAS). 2) Faktor penghambat pada pembelajaran Shorof menggunakan kitab Al-Amtsilah AlTashrifiyyah meliputi dari faktor siswa yang masing-masing dari siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru, pengaruh lingkungan sekolah yang mana teman satu kelas siswa itu berpengaruh terhadap proses pembelajaran siswa di sekolah, dan sebagian kecil dari siswa terdapat kurangnya perhatian dari orang tua dalam hal waktu belajar di rumah. Dan faktor yang mampu mendukung pelaksanaan pembelajaran shorof menggunakan kitab Al-Amtsilah Al-Tashrifiyyah di MTsN 1 Blitar yakni usaha dari diri peserta didik itu sendiri, guru, orang tua dan lingkungan. Jika di dalam diri peserta didik itu ada semangat untuk belajar, maka proses pembelajarannya dapat dengan mudah dipahami dan diterima oleh peserta didik begitu juga dengan guru yang menyampaikan materi akan merasa puas dan nyaman ketika mengajar. Sedangkan faktor yang mendukung pembelajaran lainnya adalah rasa ingin tahu dari peserta didik yang sangat tinggi ketika pembelajaran berlangsung, selain daripada itu sarana prasarana yang disediakan di sekolah juga sudah tersedia untuk belajar siswa di sekolah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | S1 12202173082 Ani Wachidatul Chusna |
Date Deposited: | 08 Dec 2021 07:01 |
Last Modified: | 08 Dec 2021 07:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23468 |
Actions (login required)
View Item |