محاولات المعلم في حل مشكلة تعلم مهارة الكلام بطريقة الحوار في المدرسة المتوسطة الإسلامية الهدى بندونج تولونج أجونج

DESSY CAHYA PRAMADHONI, 12202173016 (2022) محاولات المعلم في حل مشكلة تعلم مهارة الكلام بطريقة الحوار في المدرسة المتوسطة الإسلامية الهدى بندونج تولونج أجونج. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (428kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (926kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (869kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (814kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (437kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (722kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru dalam Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Keterampilan Berbicara dengan Metode Hiwar di MTs Al Huda Bandung Tulungagung”, ditulis oleh Dessy Cahya Pramadhoni, NIM: 12202173016, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Islam Negeri Tulungagung, Dosen Pembimbing: Dr. H. Kojin, M.A. Kata kunci: Upaya Guru, Metode Hiwar, Keterampilan Berbicara Latar belakang penelitian ini yakni bahwasanya keterampilan berbicara membutuhkan pemahaman dari pembicara dalam membentuk sebuah kalimat. Seperti halnya keterampilan mendengarkan, keterampilan berbicara menempati posisi utama dalam organ, menerima informasi. Dalam pembelajaran keterampilan ini, diperlukan suatu metode yang tepat, seperti metode hiwar yang mempraktekkan langsung konteks penggunaan berbahasa dengan berkomunikasi antara teman dengan teman yang lain. Metode ini penting untuk diimplementasikan dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses pembelajaran keterampilan berbicara di MTS Al-Huda Bandung? 2) Apa masalah pengajaran keterampilan berbicara di MTS Al-Huda Bandung? 3) Bagaimana guru mencoba memecahkan masalah pengajaran keterampilan berbicara melalui metode hiwar di MTs Al-Huda Bandung? Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan deduksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran keterampilan berbicara dengan metode hiwar di MTs Al-Huda Bandung dimulai dari merencanakan materi dan tujuan pembelajaran, mempersiapkan beberapa metode dan media, dan kemudian proses pembelajaran yang terdiri pertama, mendefinisikan media yang digunakan dalam pembelajaran, dan membentuk kelompok beranggotakan 4-5 anak yang dipimpin oleh ketua kelompok, guru mengamati aktivitas siswa selama hiwar dan penilaian dilakukan dengan menggunakan laporan tertulis dari hasil hiwar. 2) Permasalahan pembelajaran keterampilan berbicara dengan metode hiwar di MTs Al-Huda Bandung adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran, kurangnya disiplin siswa dalam pelajaran ini, komunikasi dengan guru yang tidak tersedia secara efektif, dan kurangnya semangat siswa untuk menyelesaikan tugas. 3) Upaya guru dalam mengatasi permasalahan pembelajaran keterampilan berbicara dengan metode hiwar di MTs Al-Huda Bandung adalah dengan memberikan materi yang mudah dalam pembelajaran, membiasakan siswa dengan proses pembelajaran keterampilan berbicara, mengawasi kehadiran siswa selama pembelajaran, memberikan pekerjaan yang fleksibel sesuai dengan kemampuan siswa untuk bekerja, serta penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: S1 12202173016 Dessy Cahya Pramadhoni
Date Deposited: 11 Jun 2022 03:30
Last Modified: 11 Jun 2022 03:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26029

Actions (login required)

View Item View Item