فعالية تعليم مهارة القراءة باستخدام أسلوب CORE في المدرسة المتوسطة الإسلامية بحر الهدى مالانج والمدرسة المتوسطة الإسلامية سونن كالي جاكا كادري

MOKHAMMAD KHISNULLOH ALI WARDANA, 12504174021 (2019) فعالية تعليم مهارة القراءة باستخدام أسلوب CORE في المدرسة المتوسطة الإسلامية بحر الهدى مالانج والمدرسة المتوسطة الإسلامية سونن كالي جاكا كادري. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (442kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (968kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)

Abstract

Mokhammad Khisnulloh Ali Wardana. 2019. Tesis dengan judul, Efektivitas Pembelajaran Maharah Qiraah dengan Menggunakan Teknik CORE di Madrasah Tsanawiyah Bahrul Huda Malang dan Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijogo Kediri. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri Tlungagung. Dosen Pembimbing: Dr. H. Kojin, M.Pd dan Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M.Ag Kata Kunci: Teknik CORE, Maharah Qiraah, MTs Bahrul Huda Malang and MTs Sunan Kalijogo Kediri. Latar belakang: Keterampilan membaca merupakan keterampilan yang penting, karena dengan membaca siswa dapat memahami materi dengan baik. Namun, masih banyak siswa yang kurang berminat dalam membaca, karena kurangnya pengetahuan akan mufrodat, sehingga mereka belum mampu menentukan ide pokok dari teks bacaan. Pembelajaran bahasa Arab membutuhkan teknik pembelajaran yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut, dan salah satu solusi tersebut adalah dengan menggunakan teknik CORE. Teknik pembelajaran CORE dirasa efektif karena dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengingat dan mengembangkan materi baru yang di dapat, serta dapat menguasai materi dengan cepat. Rumusan masalah: 1) Seberapa jauh penerapan metode CORE dalam pembelajaran maharah qira’ah di MTs Bahrul Huda Malang? 2) Seberapa jauh penerapan metode CORE dalam pembelajaran maharah qira’ah di MTs Sunan Kalijogo Kediri? 3) Mana yang paling kuat keefektifan penerapan CORE dalam pembelajaran maharah qira’ah di MTs Bahrul Huda Malang atau di MTs Sunan Kalijogo Kediri?. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan instrument penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah: (1) Observasi (2) Wawancara (3) dan Tes. Hasil penelitian: Selama penerapan teknik CORE dalam pembelajaran maharah qiraah, dapat dilihat adanya peningkatan pemahaman siswa dalam menemukan ide pokok dalam teks bacaan. Adapun hasil pre dan posttest yang menunjukan bahwa hasil t hitung di MTs Bahrul Huda Malang = 3 dan hasil pre dan posttest di MTs. Sunan Kalijogo yang menunjukan bahwa hasil t hitung = 7 yang keduanya lebih besar dari signifikansi t tabel 2,687 = 1% dan 2,013 = 5% dan hasil dari t-test ini adalah H1 diterima dikedua sekolah, kesimpulan penggunaan teknik pembelajaran maharah qiraah dengan menggunakan teknik CORE di kelas 8 b di MTs Bahrul Huda Malang dan MTs Sunan Kalijogo Kediri adalah efektif. Sedangkan dalam penerapan teknik CORE ini yang peling efektif adalah di MTs Sunan Kalijogo.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 12504174021 Mokhammad Khisnulloh Ali Wardana
Date Deposited: 20 Aug 2019 06:42
Last Modified: 20 Aug 2019 06:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13043

Actions (login required)

View Item View Item