MUHAMAD RIZZALUL HAMAMI, 12504184011 (2020) دور منهج تعليم المعلم لترقية رغبة الطلاب في تعلم اللغة العربية للصف الثامن بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الرابعة و السابعة تولونج أجونج للعام الدراسي 2019/2020. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (703kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (735kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (553kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (874kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (698kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (591kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (471kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (331kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Peran Metode Pembelajaran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung dan MTsN 7 Tulungagung” ditulis Muhamad Rizzalul Hamami, NIM: 12504184011, tahun 2020, Pascasarjana Program Magister, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Dosen Pembimbing: Dr. Teguh, M.Ag dan Prof. Dr. Sokip, M.Pd.I Kata Kunci: Metode pembelajaran guru, minat belajar Latar Belakang: Kurangnya minat dalam belajar akan mengakibatkan proses pembelajaran menjadi sulit. Para ahli Psikologi menyebutkan bahwa salah satu hal yang mempengaruhi belajar seseorang adalah minat. Minat ini besar pengaruhnya terhadap belajar, karena minat siswa merupakan faktor utama yang menentukan derajat keaktifan siswa. Dalam meningkatkan minat belajar, guru hendaknya menggunakan metode mengajar yang tepat, efisien dan efektif. Penerapan metode pembelajaran adalah gerbang utama dalam meningkatkan minat belajar. .MTsN 4 Tulungagung dan MTsN 7 Tulungagung adalah dua sekolah yang menerapkan berbagai metode pembelajaran dan telah dijalankan sebagai pendorong minat belajar siswa. Fokus Penelitian: 1) Bagaimana penerapan metode uswatun hasanah Dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung dan MTsN 7 Tulungagung? 2) Bagaimana penerapan metode Ceramah Dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung dan MTsN 7 Tulungagung? 3) Bagaimana penerapan metode menghafal Dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung dan MTsN 7 Tulungagung? Metode penelitian: Pola penelitian: deskriptif-kualitatif. Metode pengumpulan data: Observasi, wawancara mendalam, dokumentasi. Metode analisis data: reduksi, display data kemudian penarikan kesimpulan/ verifikasi.. Hasil penelitian: (1) penerapan metode uswatun hasanah Dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung dan MTsN 7 Tulungagung adalah dengan menekankan pendidikan berkarakter, siswa di bimbing untuk menjadi suri tauladan yang baik yang kuat iman, ihsan, yang manampilkan akhlak mahmudah dan meninggalkan akhlak majmumah, (2) Penerapan metode Ceramah Dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung dan MTsN 7 Tulungagung selalu dilakukan pada waktu tertentu sebagai penjelasan tentang informasi baru dan luas kepada siswa dengan tujuan untuk memahamkan siswa tentang materi yang disampaikan, Menciptakan landasan pemikiran siswa, Merangsang peserta didik untuk belajar mendiri dan menumbuhkan rasa ingin tahu, (3) penerapan metode menghafal Dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung dan MTsN 7 Tulungagung adalah dengan menerapkan setoran hafalan kosa kata dan menirukan perkataan guru yang dilakukan dengan menunjukkan benda yang ada disekitar. Adapun untuk MTsN 4 Tulungagung adalah dengan sering mengerjakan soal yang ada di buku, dengan begitu siswa sering membaca kosa kata.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab Pendidikan > Pembelajaran |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | 12504184011 MUHAMAD RIZZALUL HAMAMI |
Date Deposited: | 18 Mar 2022 03:37 |
Last Modified: | 18 Mar 2022 03:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25249 |
Actions (login required)
View Item |