Khodijah, Luthfiana Siti (2014) Penerapan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Roudlotul Athfal Al-Qur’an Jabalkat Sambijajar Sumbergempol Tulungagung. [ Skripsi ]
Text
BAB I.docx Download (36kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (83kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (48kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (72kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (19kB) |
|
Text
COVER LUAR.docx Download (27kB) |
|
Text
DEPAN.docx Download (62kB) |
|
Text
BELAKANG.docx Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci: Metode Tilawati, Membaca Al-Qur’an. Diterapkannya metode tilawati sebagai metode dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama islam. Roudlotul Athfal Al-Qur’an Jabalkat merupakan salah satu dari sekian banyak lembaga pendidikan islam yang menerapkan metode tilawati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan metode tilawati. Setiap anak lahir seperti kertas kosong, mereka akan belajar dari segala hal yang ada di sekitarnya. Dan pada usia ini anak cepat sekali menirukan dan meyimpan apa yang ia dapatkan dari sekitarnya ke dalam memori, karena andaikan kertas kosong mereka bagaikan mulai menulis tulisan apa saja yang ada sehingga bisa mereka tulis. Karena itu dengan diterapkannya metode tilawati yang tidak cenderung monoton dan disukai anak karena dengan ciri khasnya menggunakan lagu rost (merupakan salah satu jenis lagu dalam membaca Al-Qur’an) yang mudah dan sesuai apabila diterapkan pada usia anak, anak mampu menyerap pembelajaran dengan baik dan benar. Berkenaan hal tersebut, penelitian ini difokuskan pada (1) Bagaimanakah pendekatan yang diterapkan dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan metode tilawati pada siswa Roudlotul Athfal AL-Qur’an Jabalkat Sambijajar Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimanakah evaluasi dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan metode tilawati pada siswa Roudlotul Athfal Al-Qur’an Jabalkat Sambijajar Sumbergempol Tulungagung? Berdasarkan fokus masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pendekatan yang diterapkan dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan metode tilawati pada siswa Roudlotul Athfal Al-Qur’an Jabalkat Sambijajar Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mengetahui evaluasi dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan metode tilawati pada siswa di Roudlotul Athfal Al-Qur’an Jabalkat Sambijajar Sumbergempol Tulungagung. Untuk mempermudah penelitian tentang Penerapan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an siswa di Roudlotul Athfal Al-Qur’an Jabalkat Sambijajar Sumbergempol Tulungagung, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menghindari kesalahan dalam penelitian ini diadakan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisi data, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verivikasi. Temuan penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa: Penerapan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an dapat dilakukan dengan menerapkan (1) Pendekatan, (a) Klasikal ketika pembacaan peraga sebanyak 4 halaman dengan teknik klasikal 1 dan 2; ketika membaca jilid sebanyak 1 halaman dengan teknik klasikal 1, 2 dan 3, atau kalau murid-murid jenuh dengan peraga maka digantikan dengan pembacaan jilid 4 sampai 10 halaman menggunakan teknik klasikal 3. (b) Individual dengan teknik 4 yaitu teknik baca simak ketika membaca jilid. (2) Evaluasi (a) Pre test, dilaksanakan ketika tahun ajaran baru anak masuk ke Roudlotul Athfal Al-Qur’an Jabalkat untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an anak sehingga mampu menggolongkan ke tingkatan jilid, (b) Harian, dilaksanakan setiap hari untuk mengetahui perkembangan pembelajaran anak dalam membaca AlQur’an dan kenaikan halaman jilid secara klasikal, (c) Kenaikan jilid, dilaksanakan ketika jilid sudah khatam untuk mengetahui hasil belajar dan sebagai bahan pertimbangan apakah murid dapat naik ke jilid selanjutnya atau tinggal terlebih dahulu, evaluasi ini dilakukan secara individual.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 08 Jan 2015 03:38 |
Last Modified: | 08 Jan 2015 03:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/698 |
Actions (login required)
View Item |