MUHAMMAD YUNUS KHOIRUL FUAD, 17202163081 (2021) دهعبم نياثلا فصلا بلاطلا ةباتكلا ةراهم ةيقرت ىلع لأملإا سرد ميلعت يرثتأ ماعلا جنوكأ جنولت يراس جناوت ةثيدلحا ةيملاسلإا ةيبترلل ةمكلحا راد يساردلا9102 \9191م. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (611kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (969kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (652kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (430kB) | Preview |
Abstract
Muhammad Yunus Khoirul Fuad, 6262. “Pengaruh Pembelajaran Imla’ Pada Peningkatan Ketrampilan Menulis Santri Kelas 9 di Pondok Modern Darul HikmahTawangsari Tulungaggung”. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Tulungagung. Dosen Pembimbing Nuryani, S.Ag. M.Pd.I. Kata Kunci: Pembelajaran Imla’, Ketrampilan Menulis Kalimat. Menulis merupakan tingkat capaian kompetensi yang paling tinggi diantara empat kompetensi lainnya, oleh sebab itu dibutuhkan teknik pembelajaran yang mampu meningkatkan ketrampilan menulis bahasa Arab. Imla’ merupakan suatu teknik pembelajaran yang membenarkan tulisan sekaligus memperbaiki tulisan yang masih belum benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran menulis kalimat dengan bahasa Arab dengan menggunakan teknik pembelajaran Imla’ dan mengetahui adanya peningkatan ketrampilan menulis kalimat bahasa Arab peserta didik kelas 6 KMI Pondok Modern Darul Hikmah Tawangsari Kedungwaru Tulungagung. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 0) Untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Imla’ Pada Peningkatan Ketrampilan Menulis Santri Kelas 9 pondok modern darul hikmah, 9) Untuk mengetahui tingkatan Pengaruh Pembelajaran Imla’ Pada Peningkatan Ketrampilan MenulisSantri Kelas 9 pondok modern darul hikmah. Metodologi penelitian : Jenis Penelitian ini adalah jenis penelitian pre- eksperimental dengan pre-test dan post-test dengan pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi sampel penelitian sebanyak 01 peserta didik dari 010 populasi. Adapun teknik pengambilan sampling purposiv sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Adapun teknik pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik kuantitatif. Hasil dalam penelitian menunjukan bahwa pembelajaran Imla’ dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan ketrampilan menulis kalimat bahasa Arab. Hasil analisis data menunjukan bahwa nilai rata-rata dan standar deviasi pre-test dan post-test. Hasil nilai rata-rata peserta didik pada pre-test= 20 dan hasil nilai ratarata peserta didik pada post-test= 82, sedangkan standar deviasi pada pre-test= 8,1 dan pada post-test= 29. Sehingga efektivitas pembelajaran imla’ terhadap peningkatan kemampuan menulis kalimat peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Tawangsari kedungwaru kabupaten Tulungagung berjalan dengan baik dan dapat membantu peserta didik mengetahui materi yang diberikan serta dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan menulis bahasa Arab.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | S1 17202163081 Muhammad Yunus Khoirul Fuad |
Date Deposited: | 30 Jul 2021 02:30 |
Last Modified: | 30 Jul 2021 02:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20131 |
Actions (login required)
View Item |